3 Jam LSM ADL Likupang Blokir Gerbang PT MSM/TTN Pos Alfa di Desa Winuri dan Pos Foxrot di Desa Rondor

Spread the love

BENARKAH PRESDIR PT MSM YANG BARU PERNAH JADI ORANG NOMOR SATU DI PT NEWMONT RATATOTOK?

Lewat Ponsel Pam Obvit, Dirut PT MSM Siap Tatap Muka Dengan ADL Senin 20 Mei 2019

MINUT, IdentitasPrime – Gerah dengan sikap PT MSM/PT TTN yang terkesan acuh tak acuh terhadap pembuangan limbah dan beraneka kesepakatan yang tak terealisasi, dengan mengantongi Surat Ijin (Surat Tanda Terima Pemberitahuan), STTP/55/V/Yan.2.2/2019/Dit Intelkam, LSM Aliansi Doyot Linekepan (ADL) Likupang, menggelar unjuk rasa damai ke PT MSM/TTN Kecamatan Likupang Timur, Kamis (16/5/2019).
Sesuai pantauan wartawan, pukul 05.00-06.00 wita, bertempat di Pos Alfa Desa Winuri, massa berjumlah 25 orang (perwakilan LSM ADL) mencegah kendaraan proyek keluar-masuk. Namun pada pukul 06.00-07.00 wita, massa berpindah ke Pos Foxrot, memalang pintu gerbang kembali dengan tuntutan agar manajemen turun bertemu dengan massa untuk menerima aspirasinya.

Stenly Sigar selaku Panglima ADL menuding PT MSM/TTN pembohong, sebab tidak pernah mengindahkan semua permintaan masyarakat Lingkar Tambang.
“Ratusan kesepakatan diatas materai 6000 Rupiah telah dibuat, namun semuanya sia-sia belaka. Makanya sekarang masyarakat Linekepan menuntut hari ini ada titik temu,” katanya.
Awalnya salah satu Anggota Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) mengaku akan memepertemukan masyarakat dengan pihak manajemen.

Ketua Umum (Tonaas Wangko) Aliansi Doyot Linekepan (ADL), dr. James F Lengkong melalui Panglima Besar ADL Meybi Nelwan didampingi JS Waketum LSM Waraney Puser In Tana Toar-Lumimuut (WPITTL) DPB Sulut dan Wakil Ketua LSM WPITTL DPD Minut, Meikel Winowatan serta Panglima MTI Yudi Sondak menyuarakan empat (4) item tuntutan masyarakat Lingkar Tambang, yaitu:

1. Menata/perbaiki DaS Marewuwung Kokoleh Likupang
2. Segera realisasi program air bersih di 13 desa Lingkar Tambang
3. Pemerataan Program pelatihan PT MSM/TTN dan semua kontraktor untuk karyawan masyarakat lokal dan lingkar tambang
4. Lakukan kajian tentang dugaan pencemaran air sungai Araren ke DAS Pangiang yang melalui Desa Resetlemen ke Desa Kalinaun
“Sudah bertahun-tahun masyarakat di teror limbah beracun yang dibuang ke sungai, namun semua seolah tidak ada realisasi,” sembur Nelwan.

Di pihak yang sama, Daud Sikome warga Desa Rondor Jaga V (pesisir pantai) meminta tuntutan warga pesisir pantai untuk pembangunan tanggul bencana alam.
“Sudah semenjak tahun 2007 (sejak adanya aktivitas perusahaan, sampai sekarang belum terealisasi) kami minta dibangun tanggul itu, tapi tidak pernah ada,” tukas dia.
Kendati melakukan pemblokiran jalan sambil diawasi berhadap-hadapan dengan kurang lebih 12 personil Anggota Pam Obvit Polda Sulut, namun massa berlaku sopan tidak melakukan hal-hal yang anarkis, sehingga unras berlangsung aman.
Sekitar pukul 08.30 witta massa menagih janji Pam Obvit untuk menghadirkan pihak manajemen, namun kayaknya ada perubahan, sehingga massa mulai meneriaki aparat dan pihak keamanan sebagai pembohong.
“Tadi di Pos Alfa saja anda-anda katakan, akan menghadirkan pihak manajemen didepan kami, tapi nyatanya sampai detik ini, tidak ada. Makanya jangan salahkan rakyat jika rakyat sebut PT MSM/TTN dan semua pihak terkait itu sebagai pembohong pula. Kami sudah lelah dibohongi” cecar Stenly Sigar, Panglima ADL.

Pukul 09.00 wita, Komandan Pengamanan Objek Vital (Dan Pam Obvit) AKBP Fendi Paslah turun langsung menemui massa di salah satu bangunan Pos Foxrot.
Kepada hadirin Paslah membacakan short massager service (sms) yang dikirim oleh Presiden Direktur (Presdir) PT MSM/TTN, David Sompie. “Pak Presdir saat ini berada di Jakarta. Namun beliau sudah sms ke saya. Pada isi sms-nya Pak Presdir janji akan turun bertatatp.muka langsung dengan masyarakat Lingkar Tambang, yang diwakili LSM ADL,” katanya.
Tak puas dengan penyampaian Dan Pam Obvit AKBP Fendi Paslah serta telah memperlihatkan isi sms, LSM ADL minta Presdir David Sompie kembali menghubungi ponsel Paslah dengan suara, bukan sms saja.
Oleh Paslah, dilakukan komunikasi telpon, dan berhasil. Presdir David Sompie menyapa hadirin.
“Maaf kalau saya belum dapat berjumpa dengan saudara-saudara masyarakat Lingkar Tambang. Tapi saya janji, sekembalinya saya ke Manado nanti, maka hari Senin pukul 13.00 wita, saya akan turun bertemu langlangsung dengan perwakilan masyarakat Lingkar Tambang,” pinta Sompie.
Seluruh hadirin merasa puas dengan mendengar penyampaian langsung dari Presiden Direktur PT MSM/TTN yang baru, David Sompie via ponsel.
Setelah sepakat, barisan massa dibawah bendera LSM ADL langsung membubarkan diri kembali ke aktivitas masing-masing.
“Kita lihat saja hasil pertemuan dengan Presdir MSM yang baru nanti. Semoga Presdir PT MSM yang baru, lebih kooperatif dan berpihak pada nasib masyarakat dan lingkungan hidup Lingkar Tambang. Jika ternyata sikapnya sama saja dengan pejabat yang lama, maka kami akan lakukan unjuk rasa dan pemblokiran jalan dengan jumlah massa lebih banyak,” janji Panglima MTI Yudi Sondak. (Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*