Antisipasi KARHUT-LA, Kodim 1310/Bitung Gelar Lintas Kordinasi dan Kerjasama Dengan Pemkab Minut dan Kota Bitung

Spread the love

Manggala Agni Provinsi Sulut Juga Berperan Memback-up Lintas Kerjasama Ini

BITUNG/MINUT, IdentitasPrime – Di Bulan Agustus 2019 ini sudah beberapa kali terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung yang mengakibatkan kerugian lahan yang terbakar mencapai puluhan hektar.
Namun atas kerjasama yang baik dari Kodim 1310/Bitung dan Disdamkar, BNPB Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung serta Manggala Agni Provinsi Sulut kejadian itu dapat ditangani dengan baik dan tidak menambah kerugian masyarakat yang diakibatkan oleh KARHUT-LA tersebut.

Selama bulan Agustus 2019 Kodim 1310/Bitung yang melibatkan personel Aparat Babinsa di Koramil Jajaran Kodim 1310/Bitung dan Satdamkar Minut dan Kota Bitung telah berhasil memadamkan KARHUT-LA dibeberapa lokasi diantaranya :

1. Kota Bitung :
– Kel. Batuputih Kec. Ranowulu
– Kel. Kaswari Kec. Aertembaga
– Kel. Manembo-nembo Kec. Matuari
– Kel. Tanjung Merah Kec. Matuari
– Kel. Pinasungkulan Kec. Ranowulu
– Kel. Manembo-nembo Tengah Kec. Matuari

2. Kab. Minahasa Utara :
– Desa Maen Kec. Likupang Timur
– Desa Maumbi Kec. Kalawat
– Desa Makalisung Kec. Kema
– Kel. Airmadidi Atas Kec. Airmadidi

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerjasama dan Koordinasi yang baik antara pihak Kodim 1310/Bitung, Satuan Pemadam Kebakaran, BNPB yang ada di Kota Bitung dan Minahasa Utara serta Manggala Agni Provinsi Sulut yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang bertujuan untuk mengurangi dampak kerugian kepada masyarakat dan kerugian negara akibat dari KARHUTLA.

Dandim 1310/Bitung Letkol Inf. Kusnandar Hidayat, S.Sos mengharapkan kedepan tidak ada lagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja membakar hutan dan lahan yang akan berdampak kepada kerugian masyarakat dan kerugian negara secara umum.

“Bagi anggota Kodim 1310/Bitung agar tetap selalu berkoordinasi dengan pihak terkait dalam penanganan masalah KARHUTLA agar dengan cepat mengambil tindakan dilapangan sehingga tidak menambah kerugian baik korban jiwa maupun materiil,” seru Dandim.(Vian)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*