BESOK 10 TPS DI MINUT GELAR PSU, SERANGAN FAJAR WAJIB DIWASPADAI

Spread the love
Ketua KPU Minut, Stella M Runtu

Latief: “Siapa Bawa Uang, Ambil, Tapi Pilih Caleg Sesuai Hati Nurani”

MINUT, IdentitasPrime – Menyikapi hasil rekomendasi Bawaslu Minut atas Pemilihan Suara Ulang (PSU) di 4 kecamatan dwngan 5 pelanggaran se Kabupaten Minut, Komisi Pemilihan Umum (KPU Minut) pun menindaklanjuti rekom dengan menetapkan wilayah yang akan digelar PSU, Kamis (25/4) kemarin.

Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy SH melalui Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rocky Ambar SH LLM MKn mengatakan rekomendasi yang dikeluarkan ada beberapa TPS untuk PSU.

“Rekomendasi PSU yang kita keluarkan masing-masing wilayah Kecamatan Kalawat, Talawaan, Dimembe, Likupang Barat, Likupang Selatan dan ini sudah ditindaklanjuti dan disetujui KPU Minut,” tutur Ambar.

Terpisah, Ketua KPU Minut Stella Runtu saat dikonfirmasi membenarkan jika pelaksanaan PSU di empat wilayah Minut sudah final dan akan dilaksanakan PSU, Sabtu 27 April 2019.

“Ya sudah final sesuai dengan Nomor 195/PL.01.2.KPT/7106/Kpu.Kab/IV/2019 perubahan atas keputusan KPU Minut Nomor 191/PL.01.2.KPT/7106/Kpu.Kab/IV/2019 dan logistik untuk PSU sudah kita siapkan,”beber Stella.

Ditanya apabila Bawaslu menemukan kembali wilayah yang terindikasi PSU, Runtu mengatakan siap menindaklanjuti. “Kita siap, tapi mudah-mudahan tidak ada lagi,” tegas Runtu.
Dilain pihak, Abdul Latief Manaf SH. MH pakar hukum dan pemerhati dinamika masyarakat Minut memuji kinerja Bawaslu, Panwas dan KPU dalam menetapkan PSU di 4 kecamatan dalam 5 pelanggaran yang ada.
Namun ia juga menghimbau, institusi terkait agar tidak terlena mengingat berbagai potensi yang tak di inginkan, mudah saja terjadi.
“Sepintar-pintarnya semua elemen mengawasi, tetap saja pihak yang belum merasa aman jumlah raihan suaranya, pasti akan berupaya mwncaei celah,” tukas alumni Fakultas Hukum Unsrat itu.

PSU, lanjut Latief bukan hanya menjadi tanggungjawab Bawaslu, KPU, dan TNI/POLRI saja, namun semua elemen, termasuk rakyat.
“Kekuasaan tertinggi suatu negara ada ditangan Rakyat namun ditangani pemerintah. Inilh rakyat dan rekan-rekan relawan berbuat untuk negara, dengan cara mengawasi sukaeai PSU. Siapa aawa uang, ambil, tapi pilih Caleg sesuai hati nurani,” imbau Latief.

Inilah 10 TPS yang menggelar PSU:

1. TPS 5 Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Untuk sejumlah 5 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten.

2. TPS 4 Desa Mapanget Kecamatan Talawaan Untuk sejumlah 5 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten.

3. TPS 2 Desa Lumpias Kecamatan Dimembe Untuk sejumlah 3 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

4. TPS 3 Desa Lumpias Kecamatan Dimembe Untuk sejumlah 3 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

5. TPS 1 Desa Serei Kecamatan Likupang Barat Untuk sejumlah 5 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten.

6. TPS 1 Desa Gangga Dua Kecamatan Likupang Barat Untuk sejumlah 5 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten.

7. TPS 2 Desa Gangga Dua Kecamatan Likupang Barat Untuk sejumlah 1 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

8. TPS 3 Desa Paslaten Kecamatan Likupang Selatan Untuk sejumlah 1 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

9. TPS 1 Desa Wangurer Kecamatan Likupang Selatan Untuk sejumlah 3 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

10. TPS 2 Desa Paslaten Kecamatan Likupang Selatan Untuk sejumlah 4 Jenis Pemilihan yaitu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi.(Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*