Bupati Minut (VAP) Serahkan Bantuan Alsinta Kepada Petani

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Lobi Pemkab Minut ke pemerintah pusat kembali berbukti. Alhasil,Kementrian Pertanian Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsinta)
berupa 10 unit tracktor, 20 unit handtracktor, 20 unit alat tanam jagung dan Cultifator (alat pembuat bedeng) kepada kelompok tanin melalui Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Bantuan itu diserahkan langsung Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan (VAP) STh, Rabu (14/11) di lapangan Sarongsong II Kecamatan Airmadidi.

“Bantuan ini dapat bermanfaat bagi petani dan meningkatkan produksi pertanian di Minut,” ujar Bupati VAP
Bupati VAP berharap, dengan bantuan ini para merawat dengan baik dan tidak menjadi milik pribadi melainkàn hanya pinjam pakai. Oleh karena itu bantuan tracktor ini hanya pinjam pakai dibuatkan berita acara.

“Saya tegaskan bahwa alat tracktor ini hanya pinjam pakai, jangan menganggap telah menjadi milik kelompok tani. Semoga dimanfaatkan dengan baik dan dapat menambah hasil pertanian,” ucapnya.

Bupati juga mengingatkan kepada Kepala Dinas Pertanian dan jajarannya jika alat ini disewakan kepada petani harus sesuai dengan aturan.

“Sewa alat jangan di mark-up, harus sesuai dengan tarif yang sudah ditentukan. Kalau misalnya Rp 200, jangan diminta Rp 2 juta,” tegas VAP.

Bantuan Alsintan ini sebagai jawaban permintaan dan hasil lobi dari Bupati Minut di Kementrian Pertanian, Presentasinya dilakukan oleh mantan Kepala Dinas Pertanian Ir. Jan Sinaulan pada bulan September 2018 di Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian.(Advertorial/Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*