Dandim 1310/Bitung Perintahkan Seluruh Babinsa/Koramil, Sigap Hadapi KARHUTLA

Spread the love

BITUNG, IdentitasPrime – Beberapa bulan terakhir wilayah binaan Kodim 1310/Bitung yaitu mencakup wilayah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung disibukan dengan kejadian luar biasa, dimana sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Sesuai data yang kita rangkum, Baik di Minut maupun Bitung, dalam sehari bisa mencapai 10 sampai 15 titik kebakaran,” tutur Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, Dandim 1310/Bitung.

Lanjutnya, berkat kerjasama yang baik antara Satuan Damkar, perangkat Desa/Kelurahan serta elemen masyarakat dengan pihaknya, maka setiap ada kejadian kebakaran hutan dan lahan selalu teratasi dengan memperkecil kerugian baik jiwa maupun materiil.

“Seperti yang sering terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Utara, saat ada kejadian kebakaran dengan cepat pihak Damkar Minut, para Danramil dan Babinsa Koramil Jajaran Kodim 1310/Bitung dibantu elemen masyarakat bahu membahu mendatangi dan mengatasi kebakaran tersebut,” timpal Dandim.

Demi menaga stabilitas lingkungan, sehingga Karhutla dapat diminimalisir bahkan dipadamkan, maka inilah perintah Dandim 1310/Bitung Letkol Inf. Kusnandar Hidayat, S.Sos juga kepada seluruh anggota telah memerintahkan anggotanya untuk:

1. Tidak ada 1 pun kebakaran lahan dan hutan yang tidak termonitor dan tidak teratasi

2. Seluruh aparat diwilayah wajib membangun kembali Jaring Teritorial diwilayah serta bekerjasama dengan Pihak Kepolisian dan Pemerintah setempat agar setiap informasi yang masuk dapat dengan cepat teratasi serta jika mendapatkan pelaku pembakaran lahan dan hutan, baik disengaja maupun tidak disengaja segera serahkan ke Pihak Kepolisian setempat.

3. Sosialisasikan tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat kapanpun dan di manapun berada, tekankan bahwa pelaku pembakaran hutan dan lahan merupakan kejahatan negara dan wajib dihukum sesuai aturan yang berlaku

4. Jaga faktor keamanan baik personel maupun matriil saat bertugas dalam mengatasi kebakaran lahan dan hutan” urai Dandim.

Dikatakan Dandim, keterlibatan Babinsa dan aparat Teritorial Kodim 1310/Bitung dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini disambut dan mendapat apresiasi positif dari seluruh kalangan dan elemen masyarakat.

Seperti yang terjadi di Desa Matungkas Kecamatan Dimembe, Desa Karegesan Kecamatan Kauditan dan Desa Langsot Kecamatan Kema dan Desa Kolongan Kecamatan Kalawat.

“Saat mendapat informasi kebakaran disaat dan waktu yang sama dari warga, Aparat Koramil 1310-04/Dimembe dan Koramil 1310-05/Kauditan dan Koramil 1310-06/Airmadidi dibantu masyarakat setempat langsung mendatangi lokasi dan langsung memadamkan api meskipun dengan menggunakan alat seadanya,” urai Dandim.

Penanganan ini tidak luput juga hasil kerjasama yang baik antara Aparat Teritorial Kodim 1310/Bitung dan Satuan Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa Utara.

“Semoga kedepan tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan terutama dilakukan secara sengaja, karena akan merugikan dan berdampak terhadap kepentingan orang banyak bahkan merugikan kepentingan nasional,” tandas Dandim.(Meikel/Vian)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*