Dandim 1310/Bitung Pimpin Apel Gabungan TNI/Polri, Masyarakat dan Stakeholder di Desa Matungkas

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Rabu 18 September 2019, Pkl 08.00 Wita, Dsndim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.sos memimpin langsung Apel Gabungan TNI – Polri dan Para Stekholder terkait, bersama Masyarakat di Desa Matungkas Jaga 8 Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.
Apel tersebut merupakan rangkaian kesiagaan TNI-POLRI serta masyarakat dan sakeholder terkait untuk bahu-membahu melakukan tindak ersuasif terhadap Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan).
Apel yang digelar di areal perbukitan Kebun Rokrok (belakang Perum Pemda Matungkas hari ke-5 yang dihadiri kurang lebih 150 orang.
Sesuai pantauan, pihak yang hadir masing-masing Ir. Jemmy Hengky Kuhu,MA, Sekda Kab. Minut, Mayor inf Rich Pusung selaku Pabung Minut, Kapolres Minut yang diwakili Kompol A Djafar Kabagops Polres Minut, para Danramil Kodim 1310/Btg, Serta kapolsek Dimembe AKP Edi Susanto, personel Kodim 1310/Btg 61 orang, personel Polres Minut 10 orang, Camat Dimembe Ansye Dengah S.Sos, Kepala BPBD Minut, Jofieta Supit dan 13 personelnya.
Turut hadir pula Hanny Dirk Hukum tua Desa Matungkas, Jhon Lausan Hukumtua Desa Tstelu), Plt Kasatpolhut Agus Saleh dengan 7 anggotanya, tsk ketinggalan pula para Linmas dan masyarakat.

Pukul 08.10 Wita, Mayor Inf Rich Pusung selaku Pera Penghubung Minahasa Utara (Pabung Minut), lalu arahan dari Ir. Jemmy Hengky Kuhu,MA Sekda selaku top Eksekutif Minut.

“Terimakasih pemerintah Pemkab Minut ucapkan kepada aparat terkait atas parsitisipasi bersama masyarakat dalam upaya memadamkan kebakran hutan ini,”ucap Kuhu.

Pukul 08.25 Wita, Pembagian Kelompok/Tim pemadaman oleh Mayor Inf Rich Pusung (Pabung Minut) dibagi dalam 2 kelompok/Tim setiap kelompok ada pers TNI dan Polri.

Kelompok/Tim pemadam kebakaran bergerak menuju lahan kebakaran dibawah pimpinan Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.sos (Dandim 1310/Btg).

Pukul 08.50 Wita, Kelompok/Tim pemadaman kebakaran tiba dilokasi kebakaran langsung menuju beberapa titik api sesuai dengan kelompok yang sudah dibagi dan langsung melaksanakan pemadaman.

Pukul 12.20 Wita, Kelompok/Tim masih stand bay di lokasi dan masi ada tim berusaha untuk memadamkan, sementara pukul 13.25 Wita, Kelompok/Tim pemadaman melaksanakan istirahat makan siang.

Pukul 14.10 Wita, Kelompok/Tim Pemadaman melanjutkan kembali bergerak kesasaran api yang belum di padamkan. Terpantau pukul 15.10 Wita, Api masi ada beberapa titik sudah bisa dipadamkan dan masi ada bekas bara api yang tersisa.

Pukul 15.15 Wita, Api sampai dengan saat ini sebagian besar sudah dipadamkan dan juga masi ada titik api belum bisa dipandamkan karena angin cukup kencang dan alat tidak maksimal untuk memadamkan. Pukul 16.20 Wita, Pemadaman dihentikan dilanjutkan besok.

Sampai pemadaman di hentikan api masih tersisa di bagian batang pohon tumbang yang sudah kering dan sebagian besar sudah dapat di padamkan dengan peralatan manual dan penyekatan agar kebakaran tdk meluas

Kasus kebakaran hutan dan lahan masi dalam pendalaman dari pihak kepolisian (Polres Minut) dan Apabila ada perkembangan situasi akan kami laporkan pada kesempatan pertama.(Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*