Gabungan TNI, BPBD dan Masyarakat Konsisten Sisir Karhutla Gunung Klabat

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Menindak lanjuti amanat Dand8m 1310/Bitung-Minut, Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos, maka Tim gabungan Kodim 1310/Bitung, BPBD Kabupaten Minahasa Utara, dan sukarelawan Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara, terus lakukan penyisiran kawasan hutan yang kemarin Rabu (18/9) disisir Gabungan Kodim/Polsek dan Forkopimda Minuy.

“Penyisiran bertujuan untuk memastikan apakah api benar-benar telah padam. Operasi penyisiran saat ini masih berlangsung di lapangan,” ujar Plh. Danramil 1310-04/Dimembe Kodim 1310/Bitung, Pelda Alexander Budiman, Jumat (19/9/2019).

Berdasarkan pantauan, api telah padam, hanya menyisakan bara api, personel gabungan saat ini masih menyisir dan memadamkan sisa bara api tersebut hingga tuntas.

“Data sementara yang berhasil dihimpun, dengan obyek yang terbakar meliputi ilalang, semak belukar dan sejumlah tanaman hutan,” jelas Budiman.

Menurut pantauan petugas bersama, api diperkirakan berpotensi meluas karena faktor angin kencang. Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui luas lahan yang terbakar.

“Jumlah kerugian juga belum bisa dipastikan mengingat pantauan sementara masih terkendala oleh kabut tebal dan minimnya sarana prasarana serta terbatasnya personel,” pungkas Danramil Dimembe.(Meikel)

Posted by Kodim 1310 Bitung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*