Indonesia merupakan negara dengan potensi tuna tertinggi di dunia

Spread the love

Identitasprime – Faktor geografis Indonesia yang diapit oleh Samudera Hindia dan Pasifik memberikan keuntungan yang sangat besar industri maritim Indonesia utamanya perikanan. Dalam hal ini, Indonesia merupakan negara dengan potensi tuna tertinggi di dunia.

Tercatat, total produksi tuna mencapai 613.575 ton per tahun dan nilai sebesar 6,3 triliun rupiah per tahun. Tuna merupakan salah satu jenis ikan tangkap yang paling banyak diburu oleh berbagai negara. Alasannya karena ikan ini memiliki tingkat protein yang cukup tinggi dengan harga jual yang lumayan mahal.

Wilayah tangkap ikan tuna mayoritas berada di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Khusus di Indonesia, habitat ikan tuna banyak ditemui di sisi selatan laut Pulau Jawa, menyisir hingga kawasan timur Indonesia. Misalnya ikan tuna jenis bluefin, banyak ditemui hingga perairan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menurut data KKP, wilayah tangkap ikan tuna di Indonesia mencapai Perairan Kabupaten Wakatobi yaitu daerah Laut Banda, Sulawesi Tenggara, dan sekitarnya. Perairan Wakatobi merupakan habitat khususnya jenis tuna sirip kuning (yellowfin-Thunnus albacares).

Hal itu juga dibenarkan oleh Ketua Umum Asosiasi Tuna Indonesia (Astuin) Eddy Yuwono. Bahkan menurut Eddy, wilayah tangkap tuna terbesar di Indonesia banyak dijumpai di laut lepas di perairan Bali berbatasan dengan negara Australia. “Itu di Bali banyaknya, fishing ground-nya di dekat Australia,” jelas Eddy.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*