JPKP Siap Dukung Inspektorat dan Polres Minut Dalami Dugaan Penyimpangan Dana Desa Ehe

Spread the love
  • 129
    Shares

Desa Werot, Kokoleh I, Kampung Ambong dan Ehe paling Viral di Minut

Tuegeh: “Kami dukung Upaya Polres Minut Dalami Kasus Korupsi Dana Desa. Dan apabila Terbukti, harus diproses hukum”

MINUT, IdentitasPrime – Sampai saat ini di Kabuoaten Minahasa Utara ada empat (4) desa yang paling viral di pemberitaan media, atas dugaan penyalahgunaan kewenangan dan dugaan penyalahgunaan anggaran yang berdampak pada kerugian negara.
Ke-empat desa ini masing-masing adalah Desa Werot, Kokoleh I, Kampung Ambong. Kalau Desa Werot dan Desa Kokoleh Satu adalah bagian dari Kecamatan Likupang Selatan, Desa Kampung Ambong dan Desa Ehe ada di wilayah Kecamatan Likupang Timur.

Wacana Kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK yang siap menindak lanjuti setiap laporan masalah Dana Desa dan sejenisnya, mendapat apresiasi dari JPKP DPD Minut.
“Sebagai lembaga independent besutan Bapak Presiden RI, kami sangat mendukung dan mengapresiasi. Kami juga siap merangkum data untuk dilaporkan,” ujar Ketua JPKP DPD Minut, Semmi Tuegeh, Kamis (14/03).

JPKP DPD Minut juga, telah mengeluarkan perintah semua JPKP kecamatan untuk lnvestigasi dugaan-dugaan penyimpangan dan penyalah gunaan kewenangan.
“Semua pengurus JPKP Kecamatan wajib lakukan investigasi dan pengumpulan baket tentang dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangan di desa-desa,” kata Tuegeh.

Ujaran hukumtua Desa Ehe Rohayati Sentinuwo yang begitu berani mengecam dan mengancam wartawan, menurut Semmi Tuegeh, bakal berdampak buruk pada kariernya.
“Seorang pejabat pemerintah tak berkompeten dengan fasilitas online, tidak tepat melakukan hak jawab dan klarifikasi lewat sosmed, karena itu disaksikan oleh ribuan pasang mata. Apalagi berani ‘menjudge’ kinerja wartawan yang harusnya menjadi ‘mitra’ pemerintah.
Jika tidak terbukti apa yang di beritakan wartawan, hukumtua sulit memproses hukum mereka, sebab mereka bekerja sudah sesuai UU PERS Nomor 40. Sebaliknya, jika terbukti apa yang diberitakan itu benar, karier hukumtua bakal hancur,” jelas Semmi.

Dilain pihak, Inspektorat Minut telah mengeluarkan statement siap memeriksa Hukumtua Desa Ehe, Rohayati Sentinuwo.”Kita akan segera panggil hukumtua terkait untuk di klarifikasi masalah dan keluhan masyarakat Desa Ehe,” tukas Kepala Inspektorat Minut, Umbase Mayuntu pada Senin (11/3) silam.
Namun, apapun yang di utarakan Inspektorat Minut, tak berarti hal itu sudah selesai. Pasalnya Hukumtua Ehw dengan lantang telah mengeluarkan koment si akun fb yang mana dirinya akan melaporkan Wartawan FORJUBIR MINUT. (Meikel).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*