Kapolda Sulut Gelar Jumpa Pers Terkait Sukses Polresta Manado Ciduk Satu Pelaku Pencurian Minimarket Dan Apotek

Spread the love
  • 21
    Shares

Waskito: “Saya apresiasi kepada Kapolresta dan seluruh timnya. Ini hasil koordinasi yang cukup bagus”

MANADO, IdentitasPrime – Pelaku pencurian dan kekerasan di beberapa apotek dan minimarket di wilayah Kota Manado, akhirnya berhasil diringkus aparat Polresta Manado.
Senin, 12 November 2018, bertempat di lobi lantai 1 Mapolresta Manado,Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito memimpin Konferensi Pers.

Kapolda yang didampingi Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo dan Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara menguraikan, Tersangka masih berusia 17 tahun.
“Tersangka adalah warga Karombasan Manado. Dalam menjalankan aksinya, tersangka AEK alias Angga tidak sendirian. Ia ditemani 2 orang lainnya, yang saat ini masih buron,” sebut Waskito.
Sesuai pengakuan tersangka, lanjut Kapolda, ada 6 tempat yang menjadi lokasi target pencurian, yaitu Apotek Kimia Farma Mapanget kerugian Rp. 21 juta, Apotek Kimia Farma Paniki Jaya dengan kerugian Rp. 17 juta, Apotek Kimia Farma Ratumbuysang dengan kerugian Rp. 2 juta.
“Bukan itu saja, ada juga Indomaret Bahu dengan kerugian 4 juta, Alfamart Pineleng dengan kerugian Rp. 5 juta dan Alfamart Kakaskasen dengan kerugian 5 juta,” ujar mantan Kapolda Jawa Barat ini bersemangat.

Didalam melakukan aksinya, timpal Kapolda Sulut, para pelaku menggunakan masker dan penutup kepala agar tidak dikenali.
“Aksinya tergolong cepat, hanya sekitar 4 sampai 5 menit. Tersangka Angga merupakan residivis kasus pencurian pada tahun 2016. Uang hasil pencurian ia gunakan untuk hura-hura dan miras,” beber Waskito
Kapolda sendiri sangat mengapresiasi upaya pengungkapan yang sudah berhasil dilakukan oleh Polresta Manado dan jajaran.
“Ini memang merupakan target-target saya, karena ini sangat meresahan masyarakat. Saya apresiasi kepada Kapolresta dan seluruh timnya. Ini hasil koordinasi yang cukup bagus, sehingga mengungkap kejahatan-kejahatan yang meresahkan masyarakat,” sebutnya.

Lanjut dikatakan orang nomor satu dijajaran Polda Sulut itu, kendati baru satu orang yang ditangkap dan masih ada temannya 2 temannya masih buron, Kapolda optimis anggotanya akan berhasil menangkap mereka.
“Saya yakin sisanya akan segera ditangkap oleh Polresta Manado,” ujarnya.
Sementara Tersangka AEK alias Angga, warga Karombasan Selatan, Kecamatan Wanea, Kota Manado, saat ditanya oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito mengaku, hasil dari uang curian digunakannya untuk bersenang-senang dengan teman-temannya.
“Sekitar Rp 21 juta dari hasil curian di beberapa TKP, tapi saya hanya menerima uang senilai Rp 2,4 juta. Sisanya saya pakai untuk beli miras dan foya-foya. Sisa lainnya dibawa lari dua teman saya,” ungkap Angga yang diringkus Tim Macan Polresta Manado.

Oleh perbuatannya Tersangka terancam pasal- cukup berat, sepwrti pasal 365 ayat (2) dan ayat (1) KUHPidana Subsider pasal 363 ayat (2) dan ayat (1) ke-3 KUHPidana lebih Subsider pasal 362 junto pasal 55 ayat (1) KUH Pidana KUHPidana, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.
Selain, kasus pencurian dengan kekerasan (curas), Polresta juga merilis pengungkapan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) spesialis Toko Alfamidi dengan terduga 5 orang pelaku.(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*