Kodim 1310/Bitung Gelar P4GN Dan Tes Urine Bagi Prajurit Dan PNS Kodim 1310/Bitung TW. III TA. 2019*

Spread the love

BITUNG, IdentitasPrime – Hari Senin 16 September 2019 Pukul 09.25 Wita (kemarin), bertempat di Aula Makodim 1310/Bitung, Kel. Madidir Unet, Kecamatan Madidir, Kota Bitung,
Kodim 1310/Bitung, menggelar Penyuluhan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Dan Tes Urine Bagi Prajurit Dan PNS Kodim 1310/Bitung TW. III TA. 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kodim 1310/Bitung bekerjasama dengan BNN Kota Bitung yang di ikuti kurang lebih 60 orang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, masing-masing adalah, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S. Sos, Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Vino Onibala, Pabung Kab. Minut Mayor Inf Richard Pusung, Para Perwira Staf dan Para Danramil/Plh Danramil jajaran Dim 1310/Bitung selaku tuan rumah.
Adapun sebagai tamu yang hadir, antara lain adalah Kasie Pam BNN Koya Bitung Recky M. Rotinsulu, SE, ME, Kasubbug Umum BNN Kota Bitung Mellisa R. E. Bintang, SH, Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kota Bitung, Jean R. Rondonuwu, S.Si, Personel Kodim 1310/Bitung.

Kegiatan bertajuk percontohan sebagai suri teladan masyarakat, panitia telahcmenyiapkan selebrasi sebagai berikut

1. Pukul 09.25 Wita, kegiatan dimulai dgn laporan kegiatan.

2. Pukul 09.27 Wita, Sambutan Dandim 1310/Bitung yang diwakili oleh Kasdim 1310/Bitung (Mayor Inf Vino Onibala) yang intinya :

a. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencegah agar anggota terhindar dari penyalahgunaan obat – obat yang terlarang karena, kita sebagai prajurit menjadi panutan dan contoh bagi masyarakat disekitar kita.

b. Ikuti kegiatan ini dan diharapkan pada seluruh anggota untuk pahami dan bertanya jika tidak mengerti serta menyampaikan kepada keluarga terutama istri dan anak serta lingkungan tempat tinggal kita.

3. Pukul 09.30 Wita, Penyampaian Materi oleh Kasie Pam BNN Kota Bitung Bpk Recky M. Rotinsulu, SE, ME, tentang Penyuluhan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalagunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Dan Tes Urine Bagi Prajurit Dan PNS Kodim 1310/Bitung yang intinya :

⁃ Pengertian Narkoba.
⁃ Cara masuk Narkoba kedalam tubuh.
⁃ Efek Narkoba/Napza.
⁃ Dampak Narkoba dalam kesehatan : Stimulat, Depresaf dan Halusinogen.
⁃ Ketergantungan Narkoba.
⁃ Jenis-jenis Narkoba.
⁃ Tentang perkembangan Narkoba yang beredar di masyarakat Indonesia.
⁃ UU Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika.

a. Istilah narkoba umumnya digunakan oleh para penegak hukum seperti BNN dan Polisi. Sedangkan istilah Napza umumnya digunakan oleh para praktisi kesehatan.
Narkoba mengacu pada senyawa-senyawa yang pada umumnya mempunyai resiko candu bagi penggunanya. Narkoba sendiri sebetulnya adalah kelompok senyawa psikotropika yang biasa digunakan untuk keperluan medis, seperti pembiusan atau obat-obatan khusus untuk penyakit tertentu.

b. Jenis ini masuk kedalam kategori New Psychoactive Substances (NPS).
– Adapun contoh jenis-jenis tersebut :
• Contoh narkotika diantaranya: tanaman ganja, opium, kokain, morfin, ekgonina dll tersemasuk turunan-turunannya, ekstasi, shabu dll.
• Contoh psikotropika adalah valium, amfetamine, magadon, sedatin, Rohypnol dll.
Bahan adiktik adalah bahan alamiah, baik itu sintetis ataupun semi sintetis yang dapat menggangu sistem saraf pusat.

• Contoh zat adiktif : alkohol yang mengandung ethanom, karbon, zat pelarut, lem/perekat, ether dll.
• Menurut Undang-Undang atau UU No 35 tahun 2009 Narkotika adalah zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman. baik sintetis maupun non sintetis yang dapat mengakibatkan perubahan atau penurunan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan juga dapat menimbulkan ketergantungan.

Pukul 10.00 Wita, pemberian materi selesai, dilanjutkan dengan pemeriksaan/tes Urine yang dilakukan oleh seluruh personel Kodim 1310/Bitung, diikuti pemeriksaan Tes Urine sampai selesai.

Sekitar pukul 11.00 Wita, seluruh rangkaian kegiatan penyuluhan sampai dengan tes urine selesai dan berjalan dengan lancar dan aman.

Pada tahapan selanjutnya, hasil pemeriksaan Tes Urien yang diikuti sebanyak 50 orang Prajurit dan PNS Kodim 1310/Bitung menmbuktikan hasi yaitu Hasil Negatif alias tidak ada yang kedapatan pernah, masih atau pengkonsumsi barang berbahaya itu.

Dandim 1310/Bitung, Letkol Kusnandar Hitayat mengqtakan, program P4GN dan Tes Urine Bagi Prajurit Dan PNS Kodim 1310/Bitung bekerjasama dengan BNN Kota Bitung dan di laksanakan pada setiap Triwulan.
“Selain mempertahankan budaya kedisiplinan di internal Kodim 1310/Bitung tentunya. Selain itu, kita juga akan waspada untuk tidak berani menjadi pengguna, pengedar, apalagi menyimpai barang yang diharamkan olwh negara dan undang-undang di negara kita,” tandas Dandim 1310/Bitung. (Vian/Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*