Matangkan Pemahaman Hukum Sejak Dini, Kejari Kotamobagu Gelar JMS di Dinas Pendidikan Bolsel

Spread the love

Evans: “Karena para pelajar merupakan embrio pelaku kehidupan bermasyarakat dan pelaku hukum dihari depan”

BOLSEL, IdentitasPrime – Minindaklanjuti program Kejaksaan Agung RI yang dicanangkan di seluruh wilayah Indonesia, Tim Kejaksaan Negeri Kotamobagu (Kejari KK), langsung menggelar safari Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Perlu diketahui, program ini, digelar untuk menumbuh-kembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum, dan bagi para pelajar secara khusus, yang harus diterapkan secara intensif.

“Karena para pelajar merupakan embrio pelaku kehidupan bermasyarakat dan pelaku hukum dihari depan, maka sudah sepantasnyalah para pelajar perlu mendapat ilmu hukum sejak dini,” ujar Kajari Kotamobagu, Dasplin SH MH melalui Kasi Intel, Evans Sinulingga, SE SH MH, Kamis (1/03-18).

Program ini juga, lanjut Sinulingga, bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang,

“Selain itu, program JMS juga mengajak para pelajar untuk lebih mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar khususnya pelajar SMP,” timpal dia.

Lanjut Evans, disamping memperkenalkan fungsi penegakan hukum, Kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum.
“Beberapa hal yang disampaikan dalam paparan ini adalah, potensi pelanggaran terhadap Undang undang transaksi elektronik UU ITE yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik dan UU Narkotika,” urai Evans.

Kegiatan JMS yang dipimpin Kasi Intel kejari kotamobagu, dengan pemateri Jaksa Rony Hotman cs ini, didampingi kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolsel Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kepsek dan para guru SMPN 1 Bolaang Uki, serta kurang lebih 400 siswa-siswi.(Feky Sajow)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*