Resmi Terdaftar di Kesbangpol, Tuegeh Janji JPKP Minut Akan Buat Gebrakan

Spread the love
  • 171
    Shares

JPKP juga membuat suatu usaha mikro mulai dari petani nelayan, pedagang apa saja

MINUT, IdentitasPrime – Dewan Pimpinan Daerah – Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Minahasa Utara (DPD JPKP Minut), secara resmi mendaftar Kantor Kesatuan Bangsa & Politik (Kesbangpol) Minut Senin (04/2).

Menuju ke kantor Kesbangpol Minut, KSB JPKP di kawal langsung oleh Ketua JPKP Kecamatan likupang Timur dan Ketua JPKP Wori, disambut Kepala Bidang Organisasi Politik dan Organisasi Masyarakat (Kabid Orpol dan Ormas), Julius Mantiri.

Perlu diketahui, JPKP Kabupaten Minahasa Utara untuk tahun 2019 kedepan sesuai SK DPP JPKP, di nahkodai oleh Semmy S F Tuegeh dengan Wakil Ketua Abdul Latief Manaf SH MH, dan Sekretaris Samuel Tooy, turut serta juga seluruh anggota JPKP gabungan se-Kabulaten Minut.

Perlu diketahui, JPKP Kabupaten Minahasa Utara untuk tahun 2019 kedepan sesuai SK DPP JPKP, di nahkodai oleh Semmy S F Tuegeh dengan Wakil Ketua Abdul Latief Manaf SH MH, dan Sekretaris Samuel Tooy.

Kepala Badan Kesbangpol Minut, Daniel Komenaung S.Sos melalui Kabid Orpol dan Ormas, Julius Mantiri sesuai prosedur, menerima dan menanyakan tentang tupoksi kinerja dari DPD JPKP Minut.
“Setiap lembaga dan organisasi resmi otomatis memiliki tupoksi dan wacsna serta program jangka pendek dan program jangka panjang,” tutur Kabid Orpol dan Ormas.

Menanggapi pertanyaan Kesbang, Ketua DPD JPKP Minut, Semmy Tuegeh menguraikan, JPKP adalah sala satu organisasi setara LSM yang berlatar belakang LSK/LSC (Lembaga Sosial Kontrol/Control) yang bertugas dalam pengawasan kucuran dana dari pemerintah pusat dan kinerja aparatur negara.
“JPKP mencari informasi, mengawasi, mengotrol dana APBN maupun APBD dalam realisasi dan sistwm di lapangan. Demikian pula tentang kinerja ASN dalam instansi terkait,” jelas Semmy.
Untuk mengimbanginya, lanjut Tuegeh, JPKP punya struktural membidangi beberapa instansi/dinas.
“Sebut saja Dinas Sosial dan Usaha Kecil Menengah (Dinsos UKM).Dinas Kesehatan Dinkes. Bidang Ekonomi dan Pariwisata. Kita.juga dapata membantu masyarakat dalam pengurusan BPJS, Surat-surat dan dokumen lainnya.

DPD JPKP Minut juga, kata Semmy Tuegeh lagi, siap mengawal apa saja kebijakan pemerintah di tingkat dwsa/kelurahan sampai ke tingkat kabupaten. “JPKP sendiri akan membuat program pro rakyat Minut. dan segera mendirikan kantor-kantor cabang sosial kontrol untuk menerima pengaduan, terutama masyakat ekonomi lemah dan membantu masyarakat apa bila ada kendala di dalam suatu pengurusan yg ada di beberapa dinas terkait,” urai Tuegeh.

Ia juga menambahkan, dalam mensosialisasikan kinerjanya di masyarakat JPKP juga membuat suatu usaha mikro mulai dari petani nelayan, pedagang apa saja.

“Yang penting dia suka berusaha, kami siap membantu untuk menopang dan menciptakan akses agar usaha dan upaya mereka tidak menemui jalan buntu lagi. Makanya kami sangat berharap dapat ketemu bupati untuk audensi mengingat kita juga punya substansi dua arah, sebagai jembatan antara pemerintah dan rakyat.
Kami juga sudah mendapat pengaduan dan informasi dugaan banyak penyimpangan dan kekeliruan yang nantinya harus diseriusi. Jika masih dapat diluruskan, kita benahi. Namun sebaliknya, jika sudah terlalu keliru dan sudah di ranah hukum namun tak diseriusi aparat, disitulah JPKP akan mengawalnya,” tandas Tuegeh. (Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*