SINULINGGA INGATKAN, PENYELIDIKAN “DUGAAN KORUPSI DANDES POCIL” SUDAH DIBIDANG PIDSUS UNTUK DITINGKATKAN KE “PENYIDIKAN”

Spread the love
  • 16
    Shares
Evans Sinulingga SH.MH

KOTAMOBAGU, IdentitasPrime -. Terkait kasus penyelidikan yang dilakukan tim intel Kejari Kotamobagu adanya dugaan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara, menurut Kasi Intel Kejari Kotamobagu Evans Sinulingga SH. MH lewat Watsh-app kepada www.identitasprime.com Jumat 11 Januari 2019 pukul  12. 05 wita mengatakan, hasil penyelidikan tersebut telah di serahkan dibidang Pidsus.
“Hasilnya sudah kita serahkan ke Bidang Pidana Khusus untuk di tingkatkan ke tahap Penyidikan,” tutur Evans.

Seperti diketahui bersama, sebelumnya laporan Dugaan Penyimpangan Dana Desa di Poyowa Kecil (Pocil) disampaikan oleh sumber berinisial JB alias Juanda yang kapasitasnya sebagai TPK Desa Poyowa Kecil mengutarakan bahwa telah terjadi penyimpangan dana desa di Desa Poyowa Kecil T/A 2017 yang pajaknya belum dibayar.
“Menurut aduan Juanda, pajaknya berjumlah kurang lebih 180 Juta, sehingga perlu adanya perhatian dari Pemerintah Kota Kotamobagu,” ujar Sinulingga mengutip ujaran Juanda.

Juanda juga mengatakan, lanjut Evans, semestinya pajak harus dibayar terlebih dahulu kemudian dana tahap berikutnya dicairkan. Anehnya dana sudah dicairkan, tapi pajak malah belum disetorkan.
“Juanda Binol alias JB mengaku halitu telah dia sampaikan kepada Kepala Inspektorat Kota Kotamobagu Drs. Sa”ir Lentang MAP dan sudah dilaporkan juga di Kejaksaan negeri  (KEJARI) Kotamobagu.

Kepala inspektorat Kota Kotamobagu Drs Sa”ir Lentang MAP  ketika ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu membenarkan persoalan tersebut.
Namun disaat pihaknya lakukan penelusuran, ternyata karena SDM yang kurang, mereka malah membelanjakan dana tersebut namun belum dikeluarkan pajaknya.

Akan tetapi hal tersebut hanya personal saja bukan institusi. Lagi pula mereka sudah mengakui kelalaian mereka serta memiliki niat baik untuk membayarnya.Mereka juga sementara perlahan – lahan sedang melunasinya sehingga tak ada masalah,” jelas Sa”ir Lentang.

Kasi Intel Kejari Kotamobagu Evans Sinulingga SH. MH ketika ditemui diruang kerja waktu lalu membenarkan bahwa laporan masyarakat tersebut langsung ditindak lanjuti.
“Kami langsung menyurat ke pihak Inspektorat Kotamobagu, untuk menelusuri persoalan tersebut,” katanya

Terpisah, Kepala dinas Badan Pengeloaan Keuangan Daerah ( BPKD )  Inontat Makalalag didampingi oleh Kabid Syafrudi S Abas mengatakan pihaknya hanya menerima laporan realisasi dana desa dan jauh sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi kepada seluruh Sangadi dan perangkat desa terkait dengan pengelolaan dana desa yang harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan diatur sesuai prosedur yang berlaku. (Feki Sajow)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*