Timsus Tarsius Polres Bitung Ringkus Pelaku Pencurian Spare-part Asal Sitim

Spread the love

Kusnadi: “Tersangka berpura-pura melamar dan bekerja sebagai mekanik sepada motor”

BITUNG, IdentitasPrime – Hari ini Sabtu 15 Juni 2019, pukul 19.30 wita, Team Khusus (Timsus) Tarsius Polres Bitung dibawah pimpinan Aipda Oktin Kolombone mengungkap sekaligus menangkap Tersangka Pencurian di Kabupaten Sitaro (TKP Kota Bitung).

Proses penangkapan berlangsung di Kelurahan Tarorane Lingkungan I Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro, tepatnya dirumah Tersangka.

Kapolres Bitung AKBP Stafanus Michael Tamuntuan SIK melalui Kasat Reskrim AKP Edy Kusnadi, SH membenarkan penangkapan tersebut.
“Penangkapan sudah sesuai prosesur, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/85/V/2019/Res-Btg/Sek Matuari, tanggal 31 Mei 2019 dengan Sp. Gas nomor : 17.b/VI/2019/Reskrim/sek matuari, tgl 15 Juni 2019,” tuturnya.

Lanjut Edy, pencurian itu terjadi pada Jumat 31 Mei 2019 sekitar jam 04.00 wita silam, di Kelurahan Girian atas Lingkungan I Kecamatan Girian Kota Bitung, tepatnya di toko Girian Motor Baru.
“Koban sekaligus pelapor Grace Hellen Pontoh melapor ke Polres Bitung bahwa lelaki AS alias Fian (32) asal Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro
Sesuai keterangan pelapor, Tsk berpura-pura melamar dan bekerja sebagai mekanik sepada motor di toko itu,” jelas Kasat

Kurang-lebih 3 minggu bekerja, lanjutnya, Kamis 30 Mei 2019, (libur) sekitar pukul 03.00 wita, Tsk melakukan pencurian barang di dalam toko dengan cara masuk melalui gang kecil seblah kiri toko, karena Tsk tahu bahwa pintu seblah kiri toko itu hanya di ganjal dari atas tanpa di gembok ketika pemiliknya pulang.
“Dengan sekali dorong pintu itu langsung terbuka, Tsk yang sudah mempelajari situasi dalam toko, mengambil barang-barang tanpa setahu pemilik toko berupa, ban, kanvas rem, Accu, tali kopling, vairing Vixion dan uang tunai 240.000,” timpal Kusnadi.

Lebih jauh dikatakan Kasat, barang-barang curian itu di titip Tsk di tempat tinggalnya, pagi harinya dia menemui temanya bernama IO alias Is (sudah diamankan duluanĀ red-) di Kelurahan Girian Permai sambil membawa 7 buah accu.

“Keduanya menuju ke salah satu bengkel di Jalan 46 Kelurahan Madidir dan menjualnya seharga Rp 450.000. Oleh Tsk, lelaki Is diberi Rp. 100.000, lalu Tsk kembali ke tempat tinggalnya (depan bengkel). Jumat 31 Juni 2019, sekitar jam 04.00 wita, Tsk menyewa mobil mikrolet dari Bitung menuju ke Kota Manado bersama sisa barang curiannya, dan pulang ke kampungnya di Siau Timur Sitaro, dari Pelabuhan Manado” ungkap Kasat Reskrim yang dekat dengan Insan PERS itu.

Dari hasil penghitungan pelapor, ulang Tersangka telah membuat pihaknya mengalami kerugian uang sebesar Rp. 25.000.000 (duapuluh lima juta Rupiah).
“Saat ini tersangka bersama BB dibawa ke Mapolres Bitung untuk proses sidik lebih lanjut. Tersangka terancam pidana penjara dengan tuduhan pencurian (Pasal 363 KUHP),” pungkas Kasat reskrim Polres Bitung, AKP Edy Kusnadi,(Meikel)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*