TNI-AD “Bumi Porodisa” Perketat Masuknya Orang Asing di Pebatasan

Spread the love
  • 11
    Shares
Danramil Nanusa, Lettu. Alvian Taengetan bersama anggota saat pengamanan di wilayah Nanusa.

TALAUD, IdentitasPrime – Pengamanan dan pengawasan wilayah perbatasan NKRI terus diperketat.
Khususnya kawasan kepulauan Talaud dan sekitarnya, sedang dilakukan pengamanan oleh personil Koramil 1312-06/Nanusa.

“Tugas ini dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi masuknya pelintas batas (orang-orang asing – red), di wilayah Indonesia khususnya perbatasan Talaud-Philipina, ” ucap Danramil Nanusa, Lettu. (inf) Alvian Taengetan.

Sebagai abdi negara yang berkewajiban melaksanakan tugas pengamanan di wilayah teritorialnya, para prajurit TNI Angkatan Darat (AD) ini secara rutin melaksanakan patroli di berbagai wilayah khususnya di Kecamatan Nanusa. Patroli kali ini difokuskan pada pesisir pantai Pulau Karatung, Kecamatan Nanusa Kabupaten Kepulauan Talaud, Propinsi Sulawesi Utara.

Pengawasan ini dilaksanakan terhadap para pelintas batas atau orang asing yang berasal dari Negara tetangga yaitu Negara philipina yang mencoba untuk masuk di wilayah pertahanan atau wilayah hukum Indonesia. Tak hanya itu saja, patroli ini dilaksanakan guna meminimalisir terjadinya kejahatan seperti perdagangan manusia (Human Trafficing), atau masuknya senjata tajam (Sajam) di wilayah tersebut melalui jalur darat.

Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan, melalui Danramil 1312-06/Nanusa Lettu. Inf. Alvian Taengetan saat memberikan perintah kepada anggotanya sebelum melaksanakan tugas patroli. “Patroli ini wajib kita laksanakan dan kedepannya, kami akan melaksanakan Patroli secara bersama sama dengan pihak Kepolisian dalam hal ini Polsek Nanusa,” ujarnya.

Mantan Pasintel Kodim 1312/Talaud ini juga mengatakan, setiap warga negara asing yang masuk ke wilayah Indonesia harus mengikuti setiap peraturan dan hukum yang ada di negara ini. “Pastinya kalau sudah ada pemeriksaan terhadap pelintas batas yang pertama kali dilakukan adalah identitas, termasuk didalamnya adalah kelengkapan seperti dokumen (visa), dan juga akan dilakukan pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan,” terang Taengetan.

Pelaksanaan patroli ini dipimpin oleh Serka Egmond Welo bersama 5 orang anggota lainnya termasuk 3 orang anggota lainnya yang keseharian nya, bertugas sebagai Babinsa di Desa Dampulis yaitu Sertu Florianus, Babinsa Desa Marampit Kopda Betcwin Sembel dan Babibsa Desa Laluhe Kopda R. Ruus, yang ketiganya berada di Pulau Marampit. (tatuu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*