5 Unit Speed Patroli Milik KSOP dan KPLP di Pelabuhan Peti Kemas Bitung Habis Terbakar

Spread the love
  • 53
    Shares

4 Pegawai KSOP Mengalami Luka Bakar

Dari Keterangan Saksi, Dugaan Sementara Penyebab Kebakaran Adalah Korslet Pada Genset Salah Satu Speed

BITUNG, IdentitasPrime – Pelabuhan Peti Kemas Pelindo IV Bitung, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Provinsi Sulaweai Utara, gempar atas terbakarnya 1 unit kapal speed patroli milik instansi Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Bitung dan 4 unit kapal speed patroli milik instansi Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bitung di Area Pelabuhan Peti Kemas Pelindo IV Bitung, Rabu 20 Februari 2019, pukul 19.25 21.00 Wita.

Menurut keterangan saksi mata, api berasal dari genset yang ada dalam kamar mesin kapal speed Patroli KN 460 yang sedang digunakan untuk penerangan.
Tiba-tiba terjadi hubungan arus pendek (korslet) sehingga menimbulkan percikan api mengarah ke genset yang berbahan bakar solar. Selanjutnya api merembet ke 4 speed lainnya yg saat itu berdekatan.

Upaya pemadaman dilakukan oleh 1 unit Kapal Pandu milik Pelindo IV, 1 unit Kapal Pandu milik Pertamina dan 3 unit Pemadam Kebakaran milik Pemkot Bitung, sehingga pada pukul 21.00 Wita, api berhasil dipadamkan.

Kerugian akibat kejadian kebakaran itu masing-masing, kerugian Materil 5 unit speed patroli habis terbakar menyisakan rangka, Kerugian in materil (Personil) 4 orang pegawai KSOP mengalami luka bakar dan saat ini dirawat di Rumkital Bitung (RS AL), yaitu Jensen Semet (47), Criston Tumbilung (33) Hendri Makese (35) Maicel Pajou (41)

Kejadian kebakaran le-lima (5) kapal speed milik KSOP dan KPLP Bitung saat ini ditangani oleh Polsek KPS Pelabuhan Bitung (B19S/Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*