Agustinus Sasundu Sang ‘Maestro Musik Bambu Tiup’ Kebanggaan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe

Spread the love
  • 18
    Shares

Sasundu: “Saya sangat berharap Pemerintah Sangihe, untuk Kecamatan Tabukan Utara, sudah memiliki bangunan Sanggar Seni”

SANGIHE, IdentitasPrime – Nama Agustinus Sasundu mungkin bagi masyarakat luar hanyalah seorang seniman biasa, dari pinggiran Kabupaten Sangihe nun jauh di pulau terluar Provinsi Sulawesi Utara Indonesia.
Namun di Bumi Sangihe ini, Agustinus dikenal sudah bertahun tahun mengabdi sebagai seniman alami alat musik tiup tanpa pamrih mengasuh, mengasah dan menjaga tradisi warisan leluhur supaya tetap hidup, terpateri, dan tercatat dalam tonggak sejarah seni musik Indonesia.

Ada buku yang beredar dengan judul AGUSTINUS SASUNDU, MAESTRO MUSIK TIUP BAMBU INDONESIA, memaparkan tentang ketokohan seniman lokal.

Pria berpenampilan sederhana ini, (Agustinus Sasundu red-) saat ditemui dikediamannya tak menampik kalau sudah banyak prestasi yang diraih.

“Dari penghargaan tingkat daerah, hingga kami menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui penghargaan ANUGERAH KEHATI AWARD, ke-VII, untuk kategori Citra Lestari 2016 membawa nama Kabupaten Kepulauan Sangihe,” beber Sasundu.

Dia tidak pernah menuntut banyak kepada pemerintah. Namun, alangkah baiknya kalau Pemkab Sangihe mau membantu masyarakat dalam hal fasilitas pendukung.
“Saya sangat berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe kiranya, untuk Kecamatan Tabukan Utara, sudah memiliki bangunan Sanggar Seni, agar kita bisa membina dan melatih generasi muda yang punya bakat si ilmu meniup alat musik bambu, yang merupakan alat musik ciri khas orang Sangihe,” tegas Agustinus.(Yan Salasa-Dolongseda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*