Amin Rais Akan Dikuliti KPK, PAN Belok Arah Dipansus Angket

Spread the love

Jakarta – Ketua Fraksi PAN DPR RI, Mulfachri Harahap angkat bicara perihal sikap fraksi PAN yang berbelok arah dalam hal pengajuan fraksi di pansus hak angket KPK yang kemudian dikaitkan dengan penyebutan nama Amien Rais.

“Saya tidak mengatakan dan tidak ada kaitannya (penyebutan nama Amien Rais dengan angket),sekalipun itu menjadi bagian dari permasalahan KPK,” kata Mulfachri kepada wartawan, Selasa (6/6/2017).

Sebaliknya, ia menekankan sikap KPK yang asal sebut nama pendiri PAN itu dalam kasus korupsi yang menyeret mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadillah Supari itu sebagai sikap yang patut dipertanyakan.

“Bagaimana mungkin orang yang tidak pernah diperiksa atau dimintai keterangan tiba-tiba muncul dalam tuntutan? Ini bukan hanya terjadi pada Pak Amien, tapi dalam banyak kasus,” tegasnya.

Perihal pengajuan perwakilan anggota fraksi di pansus, ia mengatakan saat ini tengah berkonsultasi dengan seluruh pimpinan dan anggota PAN.

“Kita belum sampai pada kesimpulan. Pertanyaannya kan sederhana, apakah kita melihat memang ada persoalan KPK yang efektif dibuka kalau kita menggunakan kewenangan kita dalam hak angket?” ujar wakil Ketua Komisi III.

Di sisi lain, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan telah menyampaikan sikap PAN yang hendak mengirimkan anggotanya di pansus hak angket. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari upaya melemahkan KPK.

(Kriminalitas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*