BABINSA KORAMIL 1310-01/BITUNG DAN BHABINKAMTIBMAS KELURAHAN GIRIAN WERU SATU RINGKUS TERSANGKA PELAKU UJARAN KEBENCIAN DI MEDSOS

Spread the love
  • 11
    Shares

BITUNG, IdentitasPrime – Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Serda Juandri Lalao dan Bhabinkamtibmas Aipda Sabri Mampa mengamankan seorang remaja yang diduga kuat sebagai pemilik akun palsu postingan ujaran kebencian berbau SARA di Medsos Facebook, Minggu (21/10/2018).

Menurut Babinsa Kelurahan Girian Weru Satu, Serda Juandri mengatakan, remaja atas nama Faizal Yulianto Husain (19), beragama Islam, yang setiap hari bekerja sebagai pedagang asal Kelurahan Girian Weru Satu, Kecamatan Girian, yang ditengarai memposting kata-kata di Medsos yang menghujad Nabi bahkan dengan kalimat yang berbau SARA.
“Tulisan ujaran kebencian tersebut diunggah dalam jejaring sosial Facebook,” ujar Babinsa.

Adapun kronolgis penangkapan remaja tersebut bermula dari laporan masyarakat kepada Babinsa Serda Juandri, bahwa ada warga bernama Faizal, mengunggah kata-kata ujuran kebencian di Medsos.
Saat Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Lurah tiba dilokasi yaitu rumah tersangka, banyak massa yang sudah berada dirumahnya untuk mencari tersangka.
Tersangka yang berhasil ditangkap, di bawa ke kantor Lurah untuk dimintai keterangan. Saat dimintai keterangan, tersangka sempat menolak dan membantah bahwa postingan tersebut bukan dia yang melakukannya.
“Bukan saya yang melakukannya, FB saya sudah di bajak,” ucapnya.

Tetapi dengan beberapa postingan sebelumnya juga diunggahnya di FB, Ia mengatakan bahwa, “Girian itu … (maaf, caci maki red),” maka besar kemungkinan bahwa pelakunya adalah yang bersangkutan.

Untuk menghindari amukkan massa yang menunggu di depan kantor Lurah, bersepakat untuk segera mengamankan pelaku ke Polres Bitung, diantar langsung oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah dan diikuti beberapa perwakilan warga.

Setelah diserahkan ke Tim Reskrim Polres Bitung, tersangka langsung diamankan di penahan sementara untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut.(Red)
Dikutip dari postingan Kodim 1310

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*