Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Serda H O Mantiri Bersama Damkar dan Warga, Padamkan Kebakaran Alang-alang

Spread the love
  • 43
    Shares

BITUNG, IdentitasPrime – Kedamaian masyarakat sekitar PT Marina Kelurahan Manembo-nembo Lingkungan V Kecamatan Matuari Kota Bitung atau oleh warga biasa disebut Manembo-nembo Bawah, sempat tegang saat mendapati asap dan debu rwrumpitan kering beterbangan ke pemukiman penduduk pada Selasa (11/09 2018) pukul 13.30 Wita.
Terinformasi, saat itu area milik warga yang situmbuhi rumput liar, dalam keadaan terbakar cukup serius sehingga dedaunan rumput yang sudah hangus terbakar, beterbangan dibawa angin cukup kencang, memenuhi udara dan jatuh k2 pemukiman penduduk.
“Kami sempat kaget melihat suasana ini seban selain kebakaran terjadi siang-bolong, angin bertiup kencang,” keluh salah seorang pemilik warung.

Untung saja walau api di mulai menjalar menjilat rerumputan, lahan luas penuh ilalang itu sudah cukup besar dan merambat cepat mengancam
pemukiman padat penduduk,

Saat ditelusuri , ternyata benar yang mana telah terjadi kebakaran lahan yang ditumbuhi alang-alang sekitar pemukiman masyarakat dan perusahaan.
Untunglah saat itu warga mulai menjinakkan api secara manual, dibantu Babinsa Koramil 1310-01/Btg, Serda Hermanus Mantiri, dan segenap hadirin.
Pukul. 13.40 Wita, 2 unit Damkar Kota Bitung dibantu Babinsa Koramil1310-01/Bitung, dan maayarakat setempat.

Upaya melakukan pemadaman api, cukup membuahkan hasil baik pada pukul 15. 30 Wita, 2 Unit Damkar Kota Bitung bersama masyarakat berhasil memadamkan api dan lahan terbakar sekitar 2 Hetektar.
Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Holidayat melalui Babinsa Ramil 1310-01/Bitung, Serda Hermanus O Mantiri, membenarkan peristiwa kebakaran itu.
“Untung saja posisi awal saya berada tak jauh dari tempat kebakaran, jadi kita harus bersyukur dengan adanya sifat gotong-royong antara satu warga ke warga yang lain, sehingga api dapat dijinakkan,” turur Serda Mantiri.

Lebih jauh Serda Hermanus Mantiri juga memastikan selain api dapat dijinakkan, dan tidak ada korban jiwa, kita juga harus bersyukur api tidak membesar sehingga membuat, kerugian materil dan in materil.
“Penyebab kebakaran rerumputan belum dapat di pastikan, tapi saat saya tiba do lokasi, saya curiga api berasal.dari puntung rokok yang dibuang orang,” tandas Babinsa Ramil 1310-01/Bitung..
Atas kejadian ini, Serda Mantiri menghimbau agar masyarakat jangan buang puntung rokok disembarang tempat, mengingat kejadian seperti tadi.
“Kita sudah memasuki iklim gersang dan angin kencang. Jangan lupa mematikan setiap pekerjaan menyangkut listerik, contohnya setrika, atau memasak di kompor gas, jangan lupa padamkan semua yang mengandung resiko, ” pungkas Babinsa Koramil 1310-01/Btg Serda Hermanus Mantiri. (Aser/Wawan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*