BABINSA KORAMIL 1310-06/AIRMADIDI IKUTI SOSIALISASI UNDANG-UNDANG CAGAR BUDAYA

Spread the love
  • 4
    Shares

MINUT, IdentitasPrime – Sosiosialisai Undang Undang No.11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, dihadiri Babinsa Koramil 1310-06/Airmadidi Serka Jantje Wulur bertempat di Kantor Pariwisata Pemkab Minut, Selasa (23/10/2018).

Perlindungan Cagar Budaya adalah upaya mencegah dan menanggulangi dari kerusakan, kehancuran, kemusnahan yang disebabkan oleh faktor alam atau gangguan manusia. Ancaman kelestarian Cagar Budaya antara lain, pencurian, pencarian, penggalian liar industri, perkebunan, penambangan emas dan koral, bencana alam, kegiatan wisata yang tidak terkontrol, pertambahan jumlah penduduk, perubahan penggunaan lahan, perbedaan kebijakan, pengelolaan yang belum optimal, pemanfaatan bangunan dan lahan oleh masyarakat dll.

Hal itu dikatakan Drs. Syahrawi Mannan, MPd (Kasubag TU BPCB/Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo) selaku nara sumber pada penyampaian materi kepada seluruh peserta sosialisasi yang hadir.

Menurut Serka Wulur, tujuan Pemerintah mengeluarkan UU tersebut adalah untuk melestarikan Cagar Budaya dan membuat Negara serta-merta bertanggung jawab dalam hal perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan Cagar Budaya.
“Dengan diaturnya hal ini di dalam peraturan perundang-undangan yang memiliki daya ikat yang kuat, diharapkan dapat tercipta, guna meningkatkan kesejahteraan rakyat di sekitar Cagar Budaya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Iptu S. Tampubolon (Wakapolsek Airmadidi), Babinsa Koramil 1310-06/Airmadidi Serka Jantje Wulur, Bpk Drs Syahrawi Mannan, MPd (Kasubag TU BPCB Gorontalo), Ibu Sandra (Kadis Pariwisata Pemkab Minut), Ibu Lydia Karema (Balai Sungai Wilayah Sulawesi I), Ibu Jane Lumi, SS (Modetator), Para Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.(M Azka)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*