Banyak Bangunan Sarang Walet di Minut, Pemiliknya Orang Luar. (DIDUGA MODUS HINDARI PAJAK)

Spread the love
  • 15
    Shares

Kumtua Desa Klabat Tak Kenal Pemilik Beberapa Sarang Walet

MINUT, IdentitasPrime – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tampaknya harus berlakukan sikap tegas terhadap keberadaan dan kepemilikkan gedung/bangunan sarang Burung Walet.

Pasalnya, dari sekian banyaknya bangunan sarang Burung Walet ada di Minut, hanya sedikit saja pemiliknya yang dapat dihubungi sehingga besar kemungkinan, bisnis besar yang sangat mengganggu kedamaian masyarakat desa ini diminati berbagai pengusaha.

Contohnya bangunan sarang walet di Desa Klabat Kecamatan Kalawat, Minut. “Ada sih beberapa diantaranya dapat dihubungi siapa dan dimana pemiliknya. Namun ada beberapa juga pemiliknya kami tidak ketahui keberadaanya,” tutur Kumtua Desa Klabat, Vicky Pinontoan beberapa hari lalu saat ditemui di kediamannya.

Lanjut Vecky, hampir semua pemilik bangunan Sarang Walet di Desa Klabat, pemiliknya rata-rata berdomisili di Manado. “Bagaimana bisa kita bangun komunikasi kalau pemiliknya ada diluar Minut. Bahkan ada juga pemiliknya tinggal diluar Sulawesi, seperti Surabaya,” jelasnya.

Karena ada pihak yang mau bertanggungjawab dan sebaliknya ada pula yang tak mau bertanggungjawab, maka pemerintah Desa Klabat telah mengambil keputusan tegas melarang pembangunan sarang walet diwilayahnya.
“Kita juga akan segera buat Perdes pembangunan pagar paling tinggi apalagi didepan rumah, maksimal 1,5 meter,” tandas Kumtua Klabat, Vicky Pinontoan.(7o)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*