Berita Foto : Ini Dia Progres Kerja Jokowi Tol Manado Bitung

Spread the love
  • 15
    Shares
Kehadiran Tol di sulawesi utara khsusunya tol Manado-Bitung yang menghubungkan Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung sudah sangat ditunggu masyarakat karena lalu lintas di jalan arteri nasional kerap terjadi kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Pool/Kementerian PUPR.
Kemacetan arus lalin mengakibatkan waktu tempuh meningkat tajam terutama pada jam sibuk. Bila beberapa tahun sebelumnya, waktu tempuh Manado – Bitung dan sebaliknya sekitar 45 menit, namun saat ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam. Pool/Kementerian PUPR.
“Kehadiran Tol Manado-Bitung ini secara langaung akan meningkatkan kelancaran akses Pelabuhan Internasional Bitung sebagai salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur. Hal ini akan mempersingkat lalu lintas barang dan jasa yang sebelumnya harus melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Ini juga akan mendukung perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11/2017). Pool/Kementerian PUPR.
Untuk diketahui bahwa Tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dimana dari 39 km, Seksi 1 sepanjang 14 km Manado-Sukur-Airmadidi dikerjakan melalui APBN dan pinjaman Pemerintah China dan Seksi 2 sepanjang 25 km Airmadidi-Bitung yang hak konsesinya dimiliki oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung dengan biaya investasi mencapai Rp 5,12 triliun. Pool/Kementerian PUPR.
Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Riel Mantik mengatakan Kementerian PUPR bersama pihak terkait lainnya akan berupaya keras untuk bisa menyelesaikan Tol Manado-Bitung ini sesuai rencana.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*