BMKG Peringatan Berpotensi Terjadi Tsunami, Gempa 7.0 SR, Goyang Lombok

Spread the love

NASIONAL (LOMBOK), IdentitasPrime – Masih hangat dalam ingatan beberapa waktu lalu di daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, diluluh-lantak gempa.

Katakanlah tidak diluar wilayah yang sama, untuk kali ini, dalam waktu singkat kembali terjadi Gempa bumi berkekuatan 6.8 bahkan sampai 7.0 skala richter (SR), melanda Kota Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/8/2018) sekitar pukul 18.39 WIB.

Adapun titik gempa, dapat dikata cukup dekat dengan permukaan (daratan), mengingat hanya sekitar 18-19 km Barat Laut Lombok Timur dan BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami.
“Gempa berpusat di kedalaman 15 Km pada posisi 8.37 Lintang Selatan dan 116.48 Bujur Timur,” infornasi yang kami dapat, gempa ini berpotensi tsunami,” ujar Salehudin salah satu staf BMKG Lombok NTB kepada wartawan media ini saat diwawancarai via ponsel.

Lanjut pria yang akrab disapa Udin itu, sebelumnya pada pukul 17.50.21WIB, wilayah Laut Sawu juga diguncang gempa bumi berkekuatan 5.2 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,5 Lintang Selatan dan 121,28 Bujur Timur.
“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah barat daya Kota Ende, Kabupaten Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 110 km,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnta mengatakan, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Waingapu, Ende dan Maumere dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).
“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu. Mari kita sama-sama berharap dan berserah, semoga tak ada lagi susulan gempa yang lebih parah dari yang sudah terjadi. Semoga jangan ada korban nyawa dan barang-barang. (Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*