Bupati dan Wabup Sangihe Lantik Serempak 110 “Kapitalaung”

Spread the love
  • 3
    Shares

Bupati Ajak Hadirin Hening Cipta Untuk Kapitalaung Kampung Bukide

SANGIHE, IdentitasPrime – Hari ini Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME serta di dampigi oleh Wakil Bupati serta Forkompinda dan undangan yang hadir melantik secara serentak Kapitalaung (Kepala desa) terpilih.

Sebanyak 110 yang Kapitalaung dilantik secara serentak pada senin 13 Agustus 2018 di pendopo rumah jabatan Bupati Kepulauan Sangihe.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME yang didampingi Wakil Bupati Helmud Hontong SE., mengingatkan para Kapitalaung terpilih agar bersinergi dengan program pemerintah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kapitalaung, dimana pemerintah pusat dengan program Jokowi-JK, yakni Nawacita.
“Program Pemerintah propinsi OD-SK., Pengentasan kemiskinan
Program pemerintah kabupaten JEG-HH., Sapta karya pembangunan guna untuk pencapaian tujuan bersama,” sebut Bupati Sangihe Djabes Gaghana.

Selain itu juga Bupati mengajak para kapitalaung untuk menjalankan 3 program dasar pemerintah Kabupaten Sangihe yaitu :
1. Two days no rice.,
2. Medaseng
3. Stop BABS.

Serta menjadikan para kapitalaung sebagai pengawas bagi para guru-guru yang bertugas sebagai pendidik di kampung para kapitalaung yg dilantik.
“Perlu adanya pengawasan tersebut karena dirasa target dalam program pendidikan selama ini sangat jauh dari yang diharapkan., sebab beberapa waktu lalu didapati adanya anak yang duduk di kelas V SD., Namun belum bisa membaca dengan baik,” kata Djabes.

Dalam bidang ekonomi Bupati juga mengajak para Kapitalaung agar kreatif dalam memanfaatkan dana desa untuk pembangunan ekonomi di kampung atau Desa masing-masing dengan mau memberdayakan masyarakat kampung dalam pembentukan BUMDES.

Yang paling mengharukan sebelum memberikan arahan tadi siang., Seluruh Kapitalaung diminta oleh Bupati untuk berdiri dan mengheningkan cipta sejenak karena ada 1 Kapitalaung terpilih yang meninggal sebelum dilantik.
“Untuk saudara kita Kapitalaung Kampung Bukide kecamatan Tabukan Selatan, mari kita heningkan cipta untuk mengenang sekaligus memberi penghormatan terakhir bagi saudara kita yang tercinta,” pinta Bupati Djabes, di amini Wakil Bupati Helmut Hontong dan para FORKOPIMDA. (Yan Salasa)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*