Bupati VAP Terima Penghargaan Universal Health Coverage JKN-KIS Award diJakarta

Spread the love

Palandi, Kabag Humas Baru, Bawa Pencerahan Bagi Minut

JAKARTA, IdentitasPrime – Menjamin kesehatan masyarakat Minahasa Utara (Minut) adalah salah satu Komitmen Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP). Dengan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS Award menjadi bukti bahwa komitmen yang di pegang Bupati itu berhasil,  Penghargaan tersebut di serahkan langsung oleh Presiden Republik Indoonesia Joko Widodo di Istana Negara. Rabu 23 Mei 2018.

Penghargaan diberikan atas komitmen VAP mengelolah Kartu Indonesia Sehat (KIS) bekerjasama dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi rakyat Minut. “Syaratnya minimal 95 persen masyarakat yang memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), terlampauai. Minut justru mencapai 95,8 persen. Ini yang diapresiasi pemerintah pusat yakni Presiden Joko Widodo,” kata Kadis Kesehatan Minut Dr. Rina Widayati M.Kes didampingi Kabag Humas Pemkab Minut Chresto F Palandi SSTP ,MSi.

Bupati Minahasa Utara, Vonnie Anneke Panambunan mengatakan Minut patut bersyukur dan berbangga karena JKN-KIS ini mendapat alokasi anggaran dari APBD kabupaten Minut serta APBN, sehingga dapat menjangkau masyarakat kurang mampu untuk ditanggung setelah menjadi peserta JKN-KIS, bahkan masyarakat untuk kategori mampu di Minut, ternyata memiliki kesadaran tinggi untuk menjadi peserta JKN-KIS Mandiri.

“Faktor-faktor inilah yang mengangkat Minut dapat mencapai angka 95,8 persen dari jumlah penduduk merupakan peserta JKN KIS baik Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Non PBI, terima kasih rakyat Minut, terima kasih semua pihak yang telah bekerja dengan baik. Bahkan penghargaan ini tak lepas dari kerjasama yang baik BPJS Cabang Manado, BPJS  Pelayanan Airmadidi, Dinas Kesehatan Minut,” kata bupati seperti dituturkan Palandi.

Selanjutnya bupati berpesan kepada warga Minut, untuk tetap mempertahankan keberhasilan yang telah menuai prestasi di tingkat Nasional ini. “Kerja keras dan kerja bersama ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kedepan presentase semakin meningkat. Kesehatan adalah hal yang penting, karena hanya SDM yang sehatlah yang mampu memberikan kontribusi optimal bagi pembangunan daerah. Sehingga Minut pasti semakin diberkati,” kata VAP.

Kabag Humas juga menyebutkan Minut sangat berbangga sebab dari 15 kabupaten/kota se-Sulut hanya ada 7 yang terpilih dan Minut masuk menjadi salah satunya. “Ini adalah kebanggaan, sebab untuk Sulut sendiri dari 15 kabupaten/kota hanya 7 kabupaten/kota yang menerima award dari presiden,” kata tegas mantan Camat Likupang Selatan ini.

Penyerahan penghargaan secara simbolis oleh presiden Jokowi di Istana negara sekira pukul 13.00 WIB dilanjutkan penyerahan untuk seluruh provinsi-kabupaten/kota di Hotel Grand Mercure pada pukul 16.00 WIB oleh Mendagri, dilanjutkan dengan buka puasa bersama.(ADVETORIAL/7o)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*