Camat dan Kapolsek Kema Pimpin Bersih-bersih Pesisir Pantai Firdaus

Spread the love
  • 17
    Shares

Munasir: “Selain kita berolahraga, kita juga sudah membiasakan diri dengan hidup bersih dan sehat”

MINUT, IdentitasPrime – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kecamatan Kema, dan Polsek Kema menggelar kegiatan bersih-bersih pantai Kamis (21/2), pukul 07.00- 09.30 Wita.

Camat Kema Vilma Anthonie SH MH dan Kapolsek Kema Iptu Munasir sendiri turun langsung mendampingi Mahasiswa KKN IAIN Manado, membersihkanPantai Firdaus, di Desa Kema II Kecamatan Kema Minut.

“Hal ini sudah sejalan dengan program Nasional Pemerintah, mengenai Strategi Kebijakan Daerah dalam hal penanganan dan pengurangan sampah khususnya di Kabupaten Minahasa Utara yang saat ini sedang giat-giatnya dilaksanakan,” tutur Camat Kema Vilma Anthonie.

Pihaknya, lanjut Anthonie akan menjadikan kegiatan bersih-bersih menjadi sebuah agenda tetap gotong-royong setiap bulanan.
“Gotong-royong agenda bulanan saja, karena kalau agenda mingguan, bersih-bersih di masing-masing lokus kantor desa,” jelasnya.

Terkait informasi tentang adanya perusahaan batu atau crusher mencuci batu di sungai, olwh Camat dikatakan tidak dapat dibenarkan.
“Kalau mencuci batu disungai itu, tidak dibenarkan, karna air sungai itu banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari, sehingga TDK boleh tercemar/ kotor,” tukas Anthonie.

Lanjut dikatakan Camat Kema, pemerintah tentu saja sangat mendukung usaha dan upaya perusahaan-perusahaan crusher beroperasi di wilayah Kecamatan Kema, tapi harus peduli lingkungan.

“Para pengusaha dan investor yang masuk ke wilayah Kecamatan Kema itu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), jadi pemerintah sangat mendukung. Namun harus ramah lingkungan, harus membuat kolam khusus untuk pencucian batu yang dihasilkan (semacam kolam buatan untuk pencucian hasil produksi), agar tidak buang langsung ke sungai,” pungkas Vilma Anthonie.

Turut hadir dalam kegiatan bersih-bersih Pantai Firdaus, yaitu para Hukum Tua Desa Kema I, Kema II, dan Kema III.
Kapolsek Kema Iptu Munasir menanggapi kegiatan bersih-bersih pantai ini sangat positif.
“Kegiatan begini sangat positif. Selain kita berolahraga, kita juga sudah membiasakan diri dengan hidup bersih dan sehat dengan kita memerangi sampah,” ujar mantan Kanit Regiden Polres Minut senior itu.

Adapun sampah-sampah yang diangkut hadirin, disortir dan dipisahkan oleh beberapa staf Kecamatan Kema.
“Sampah-sampah ini dipilah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Residu sampah di buang di TPS atau TPA, tak boleh langsung dibakar,” jelas Camat Kema Vilma Anthonie.(Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*