Dampingi Polisi dan Basarnas, Kodim 1310 Sukses Selamatkan Para Pendaki Gunung Klabat Yang Hilang

Spread the love
  • 16
    Shares

Akhirnya ke-5 Pendaki Gunung Selamat

BITUNG, IdentitasPrime – Mengingat waktu terus berjalan, sementara beberapa pendaki Gunung Klabat asal Desa Klabat dan kelurahan Kumerot Bitung, maka Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat langsung keluarkan perintahkan personelnya lakukan pencarian ke-lima pelajar yang dinyatakan hilang saat mendaki di Gunung Klabat, (19/5/2018).
Berdasarkan keterangan dari kedua pelajar dua pelajar/pendaki Renaldi Supit umur 17 Tahun alamat Desa Klabat dan Nathan Tobing umur 17 Tahun alamat Kelurahan Kumersot Kecamatan Ranowulu Kota Bitung yang berhasil ditemukan warga, bahwa mereka berlima beristirahat malam di seputaran Gunung Klabat dan sekitar Pukul 06.00 Wita terbangun dan mereka berdua memanggil ke-3 teman mereka
untuk turun ke kampung, tetapi ketiga temannya mengatakan masih ingin istirahat.

Kedua pelajar (Renaldi Supit dan Nathan Tobing) mendahului turun untuk mencari perkampungan. Pukul 10.00 Wita kedua pelajar/pendaki itu tiba di seputaran perkebunan Desa Pinilih kecamatan Dimembe, Minut.
Keduanya bertemu dengan masyarakat dan mengarahkan untuk ikuti saja jalan terus, karena jalan itu akan sampai di Desa Pinili.
Tiba di Pinilih mereka berdua terus berjalan dan malahan tiba di Desa Winuri.
Warga Winuri melapor ke Posko di Desa Klabat bahwa ada dua warga yang hilang berada di Ds. Winuri, kemudian kedua pelajar/pendaki menuju ke posko Desa Klabat dengan menaiki ojek.

Kedua pendaki tersebut langsung di jemput oleh Camat Ranowulu, Ibu Diana Sambiran bersama tim, selanjutnya keduanya dibawa menuju ke Posko di Desa Kumersot Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, untuk mendapat perawatan.

Mendengar hal itu, Kapolres Bitung AKBP Filemon Ginting SIK bersama Kasat Bimas Polres Bitung AKP Antonius Henry P, dan Kapolsek Ranowulu AKP Steven Mandey, tiba di Posko Desa Kumersot, turun kelapangan untuk mengecek kejadian itu.
Sementara untuk ke 3 korban yang masih tertinggal belum di temukan yaitu a.n. Etty Karouw umur 16 Tahun warga Ds. Klabat, Geral Mataro umur 28 Tahun warga Kumersot dan Rifan Kereh 29 Tahun warga Ds. Kumersot Kec Ranowulu Kota Bitung.

Tim Gabungan TNI, Polri dan Basarnas masih terus dalam pencarian di lokasi longsor sesuai informasi kedua korban yang telah kembali. Namun di ketinggian 1.500 Gunung Klabat ketiga pelajar/pendaki yang dinyatakan hilang berhasil ditemukan oleh Tim Sar Gabungan.
Posisi ketiga orang pendaki tersebut bersama tim gabungan, masih dalam perjalanan menuju titik pertemuan untuk menuju Posko Tim Sar Gabungan, perjalanan lambat karena ketiga korban sudah dalam kondisi lemah.(Noval Uber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*