Dengan Biaya Sendiri, Karateka Muda Kodim 1310/Bitung-Sulut Sabet Juara Tingkat Nasional

Spread the love
  • 328
    Shares

Usai Tumbangkan Atlet Tuan Rumah di Semifinal, Anjas Taklukkan Juara Bertahan dari Jawa Barat, 4-0

RIAU, IdentitasPrime – Mengharukan… Kata inilah yang paling tepat disematkan dalam kisah Kontingen Bitung-Sulut ke Kejurnas Karate BKC di Kota Batam Provinsi Riau yang digelar pada tanggal 15-18 November 2018.

Apa pasal, kontingen dibawah besutan Simpae Sertu Melddy Mangeke Anggota Kodim 1310/Bitung ini, berangkat hanya berbekal semangat juang dengan dana 25 juta Rupiah yang digelontorkan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kota Bitung saja.
Dari 6 nama (termasuk oficial Melddy), ada satu nama Karateka yabg tidak bisa diberangkatkan, mengingat keterbatasan dana.
Anjaz Dotulong siswa salah satu SMP di Kota Bitung, di vonis tidak diberangkatkan. “Kesimpulan kami, Anjaz tak bisa kami bawa, sebab dana tidak mencukupi,” tutur Sertu Melddy sedih.

Namun, tekad orangtua Anjas begitu besar, akhirnya dengan dana pribadi, pelajar yang pernah meraih Juara 1 (Medali Emas) di kelas Kumite -45 Kg Perorangan Pemula Putra ini diberangkatkan menyusul rombongan.
“Memang dari beberapa Atlet Bitung-Sulut, Anjaz Dotulong tidak dimasukan dalam daftar Kontingen mengingat dana Dispora tidak mencukupi. Tapi karena semangat Karate (Bushido) tinggi, orangtua Anjaz Dotulong memberangkatkan anaknya menggunakan biaya sendiri,” jelas Melddy.
Dihari ke-dua Anjas membuktikan kelasnya sebagai seorang Bushido (Karateka) handal. Saat masuk ke Semi Final, ia harus ketemu Atlet tuan rumah Riau. Namun mental bertanding Anjas yang tak perlu diragukan lagi, memaksa tuan rumah harus tunduk padanya.
Di babak final Anjas tidak dicunggulkan, mengingat Firmansyah Karateka dari Provinsi Jawa Barat adalah raja si kelasnya sebagai juara bertahan.
Namun karena mentalitas yang dibekalinya, Anjas malah nampak jauh lebih unggul dari Firmansyah sang Juara Bertahan Mojang Priangan itu.
Puncaknya, Juara bertahan Firmansyah harus tunduk dan takluk kepada Anjas dengan skor telak 4-0 dan berhak menyandang Juara Nasional dikelasnya.

Sesuai keterangan Tim Wasit Melddy Mangeke yang juga pelatih utama para atlet Bitung-Sulut, ia tak pernah meragukan kemampuan Anjas Dotulong di kelasnya.
“Saya tak pernah ragu dengan Anjas. Dia Juara di Kawanua Cup tahun 2017 kelas Kumite Pra Pemula Putra, Juara 2 di Kelas Kumite Pra Pemula Putra Minut Cup 2018,” jelas Sertu Melddy salah satu spesilis turnamen.

Sukses yang diraih Anjas, lanjut Melddy, adalah persembahan anak bangsa untuk kebesaran nama Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.
“Dia sangat berbakat, karier Anjaz Dotulong, cerah dan bakal jadi Karateka tangguh di ajang internasional. Saat Final apalagi menghadapi Juara Bertahan itu sangatlah sulit bagi seorang petarung untuk menang, tapi Anjaz membuktikan kualitasnya, ini sangat luar biasa,” pungkas Sertu Meldy.
Sementara Anjaz Dotulong sendiri, saat dimintai keterangan, enggan berkomentar lebih. Ia hanya berharap masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sulut dan Kota Bitung untuk mensuport mereka.
“Saya juga berharap, saudara dan pemerintah di Sulut membantu kami dalam biaya, terutama biaya untuk pulang, soalnya hari Senin kami harus sekolah,” pinta juara baru tingkat nasional ini. (RED)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*