Diduga Kuat, Banyak Polindes di Minut “Yanda Jaga pake” dan Bermasalah

Spread the love
  • 26
    Shares

MINUT, IdentitasPrime – Lemahnya pengawasan dan kerjasama antara BKD dan Inspektorat dan Dinas Kesehatan Minut membuat banyak ASN dan Honorer “bekerja cuek bebek” alias suka-suka saya.

Akibatnya, pelayanan kesehatan di wilayah atau pelosok dan kepulauan, terlantar baik pelayanan, maupun keberadaan bangunannya.
Sebut saja Poli Klinik Persalinan Desa (Polindes) kepulauan Desa Wawunian pulau Talise Kecamatan Likupang Barat, mubasir (yanda jaga pake).
Sesuai pengakuan warga setempat, semenjak dibangu tahun 2017-2018 ini, bangunan Polindes yang ada, tidak dipergunakan apa lagi tenaga medis tidak tersedia.
Seharusnya menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), lebih khusus Dinas Kesehatan (Dinkes).

Almanasar Warga Desa Wawunian meminta, Dinas Kesehatan memberikan perhatian khusus terhadap kepulauan, mengingat Talise merupakan pulau terluar Utara dari Kabupaten Minut dan jaraknya jauh untuk berobat ke daratan Likupang/Wori.

“Bangunan ini sudah dibangun sejak pertengahan tahun kemarin, namun sampai saat ini pelayanan tidak maksimal,” keluh Almanasar Jumat (25/5).

Dia juga mengatakan, pembangunan Polindes ini juga masih bermasalah. Pasalnya, honor atau gaji para buruh yang membangun Polindes ini belum sepenuhnya dibayarkan 100%.

“Pekerja bangunan ini juga belum dibayar penuh. Namun meskipun demikian, yang kami inginkan kiranya pemerintah bisa menyediakan tenaga medis di Polindes kami,” jelasnya.

Keterangan Almanasar dibenarkan warga Desa Wawunian lainnya. Padahal untuk mencari pelayanan kesehatan terdekat membutuhkan jarak tempu yang cukup jauh yakni Desa Airbanua Pulau Talise.

“Jarak ke pelayanan kesehatan di Desa Airbanua kurang lebih 3 kilometer dan itu juga kalau ada tenaga kesehatan. Biasanya kami menggunakan perahu, tapi karena sering cuaca buruk sehingga harus berjalan kaki,” urai warga yang minta namanya tidak di publis itu. (Novel Uber)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*