Diduga PT MSM Sudah Bertahun-tahun Buang Limbah Air Panas Lewat Sungai Araren

Spread the love

Luntungan minta perusahaan membersihkan atau mengangkat pipa-pipa yang berserakan di Sungai Araren

BITUNG, IdentitasPrime – Area perbatasan wilayah pemerintahan Kota Bitung dan Kabupaten Minahssa Utara tepatnya di ujung Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowulu dan Desa Pinenek Kecamatan Likupang Timur Minut merupakan zona pertambangan PT MSM/TTN yang paling dekat dengan pemukiman penduduk (Kelurahan Pinasungkulan red-).
Sesuai keterangan beberapa warga maupun masyarakat yang pernah bekerja di PT MSM/TTN, pengeboran lahan bukan hanya ditepi jalan saja, namun lebih.
“Saya saja waktu kerja disitu, pernah lakukan pengeboran di seberang jalan, bahkan sudah puluhan meter jarak dari seberang jalan,” kata salah satu mantan karyawan perusahan tambang emas raksasa itu, Jumat (30/8/2019).

Sedangkan C’riz Luntungan eks karyawan PT MSM/TTN, turut membenarkan ungkapan diatas.
Bahkan menurut Luntungan, perusahaan emas itu sudah cukup lama merubah arah sungai, kemudian membuang air panas ke sungai melalui pipa-pipa sebesar betis orang dewasa.

“Saya selaku masyarakat asli disini dan sebagai Pimpinan Aliansi Masyarakat Araren membenarkan hal itu. Sampai hari ini pipa-pipa yang dipakai membuang air panas di Sungai Araren, masih ada di posisinya,” tutur Luntungan.

C’riz yang baru beberapa waktu lalu mengakhiri masa kerjanya di PT MSM/TTN mengaku tahu banyak kekeliruan bahkan kesalahan pihak perusahaan. Namun ia memilih akan mengungkap satu persatu lewat media dan ranah hukum daripada unjuk rasa.
“Unjuk rasa hanya menyita waktu dan merugikan masyarakat yang bekerja didalam perusahaan. Lebih baik saya muat berita ke media sambil menunggu respon perusahaan, kemudian saya buat laporan ke kepolisian dan pemerintah terkait, sambil di kawal,” ujarnya.

Lanjut Luntungan, Sungai Araren sudah porak-poranda karena pipa-pipa pembuangan air panas, diarahkan kesitu. Menurutnya, ini juga penyebab utama sehingga dua tahun silam banyak ikan yang mati karena naiknya suhu air Sungai Araren.
“Tapi sudahlah, saya malas mempermasasahkan hal itu sebab, kita yang bongkar dan ungkap, orang lain yang berpesta dengan segala macam bergaining. Jadi untuk masalah ini saya meminta agar perusahaan membersihkan atau mengangkat pipa-pipa yang berserakan di Sungai Araren. Saya juga ingatkan PT MSM/TTN, agar jangan berkelit atau lari dari kenyataan, sebab bukti yang saya kantongi, sudah cukup kuat. Saya minta, segera bersihkan Sungai Araren, dalam waktu dekat ini,” pungkas C’riz yang juga memegang jabatan struktural di LSM Adat paling besar di Provinsi Sulawesi Utara itu.(Meikel/Vian)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*