Diduga Tak Paham Undang-undang Transparansi, Kadis PU Minut Alergi Wartawan

Spread the love
  • 71
    Shares

Bupati VAP Dekat Dengan Wartawan, Kadis PUPR Malah Hindari Wartawan

MINUT, IdentitasPrime – Ketika Presiden RI Ir Joko Widodo sedang menggalang undang-undang Transparansi atau Undang-undang Ketsrbukaan informasi Publik di kalangan birokrat, di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Jossy Kawengian malah twrkesan anti awak media.

Ini terjadi pada Kamis (7/12) saat awak media mendatangi kantor Dinas PU, kadis tidak mau menemui awak media. Padahal, kadis ada didalam ruangan.

“Padahal kami beberapa wartawan pos Biro Minut bermaksud meminta data tentang jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional di Minut yang mengalami kerusakan,” ucap salah satu Wartawan Forjubir.
Saat menyampaikan maksud kedatangan kepada seorang staf di depan ruang kerja kadis, dikatakan staf kalau kadis sedang menerima tamu. Anehnya, saat tamu sudah keluar, pintu ruang kerja kadis langsung dikunci dan dikatakan Kadis telah pulang.

Padahal, sebelum datang di Dinas PU awak media berupaya menghubungi lewat via ponsel Kawengian di nomor 08135602798x tak juga dijawab meski terdengar nada masuk. Tak hanya itu, Penyampaian lewat SMS juga tak juga tanggapi. Sikap Kadis PU ini menuai kecaman dari awak media.

“Torang hanya ingin meminta data. Tapi kadis PU malah enggan menemui kami. Padahal sebelumnya baru saja menerima tamu dan tamu itu sudah pulang. Ada apa sebenarnya ini,” sembur salah satu wartawan.

Beberapa diantaranya langsung memberikan komentar sinis, karena oknum Kadis ini dianggap pandang enteng dan tidak punya visi membangun karena dengan tidak adanya data tentang jalan yang rusak tentunya rehabilitasi jalan tidak bisa diusulkan.

“Kalau seperti ini, Bupati harus memberikan teguran terhadap oknum Kadis ini, jika perlu lansung dievaluasi,” tukas Alfian Posumah wartawan salah satu media online.

Hal ini tidak bisa dibiarkan karena telah melanggar undang-undang keterbukaan public, yang bersangkutan harus mengklarivikasi hal ini,” ketus Harwin Sudarjat Kepala Biro Minut.

Sementara salah satu warga Minut mengingatkan sikap Kadis PU Minut justru mencoreng nama bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP).

“Bupati menginginkan informasi pembangunan bisa diketahui publik lewat media. Tapi sikap Kadis PU justru bertentangan dengan bupati,” ketus warga yang meminta namanya tak dikorankan.
Hingga berita ini diturunkan, Kadis PU Jossy Kawengian masih tak merespon isi SMS maupun telepon walau terdengar nada panggil.(Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*