Dua Begal Curanmor Diringkus Tim Resmob Sat Reskrim Polres Bitung Dipimpin Ipda Afriangga

Spread the love
  • 4
    Shares

BITUNG, IdentitasPrime – Kamis 21 Februari 2019 pukul 10.30 wita, Tim Resmob Sat Reskrim Polres Bitung dipimpin Ipda Afriangga mengungkap dan menangkap pelaku Tindak Pidana pencurian.
Kalau tersangka MKS (40), pengangguran warga Kelurahan Tanjung Merah Kecamatan Matuari Kota Bitung, di tangkap pada hari Kamis 21 Februari 2019 sekitar jam 10.30 wita.
Sedangkan tersangka MW (30), terdaftar sebagai warga Kelurahan Paceda Lingkuqngan III Kecamatan Madidir Kota Bitung

Tersangka WM ditangkap didepan Pangkalan ojek perum Sopir Kelurahan Manembo nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung, tersangka MKS ditangkap ditempat kost Tersangka WM yang terletak di Perum Sopir Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung.

Penangkapan ini berdasarkan Laporan Polisi tanggal 14 Februari 2019, oleh Triwibowo warga Kelurahan Girian Indah RT 02 RW 04 Kecamatan Girian, sehingga para tersangka dikenai pasal 363 KUHP Ayat 1 Ke 3, Ke 4 Jo pasal 55 KUHP.
Kejadiannya begini,pada tanggal 13 Februari 2019 pukul 21.20 wita, depan konter Mekanik HP Girian Kel Girian Kota Bitung.
Tersangka MKS ditangkap karena telah melakukan pencurian sepeda motor matic Honda Vario warna hitam DB 5844 C yang terparkir didepan Konter Mekanik HP kemudian membawa kabur ke daerah perbatasan Kelurahan Tanjung Merah – Desa Pimpin Minut, selanjutnya tersangka MS menelpon lelaki WM jemput sepeda motor itu.
Oleh tersangka WM, Honda Vario DB 5844 C diangkut dengan mobil Suzuki Ertiga sewaan, Kamis 14 Februari 2019 sekitar jam 04.00 wita dini hari.
Motor Honda Vario dijual WM ke Desa Doloduo Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolmong.

Menindaklanjuti laporan Curanmor itu, Tim Resmob Sat Reskrim Polres Bitung diPimpin oleh Ipda Afriangga Kamis14 Februari 2019, lakukan penyelidikan.19 Februari 2019 Tim Resmob mendapat informasi bahwa sepeda motor Honda Vario DB 5844 C milik dari korban, dijual di daerah Doloduo Kecamatan Dumoga Barat Kabulaten Bolmong.

Rabu 20 Februari 2019 tim bergerak melakukan penyelidikan dan mendatangi rumah Adi Kussoy di Desa Doloduo. Setelah dicek, ternyata benar Adi Kussoy telah membeli Vario dari Bitung itu.
Oleh Tim Resmob, Honda Vario tersebut disita dan diamankan di Mapolres Bitung. Dari hasil interogasi Tim Resmob kepada lelaki Adi Kussoy pula Tm mendapatkan informasi bahwa yang menjual Vario warna Hitam itu adalah lelaki WM dari Kota Bitung.
Tak menunggu lama Tim Resmob bergerak lagi dari Desa Doloduo Bolmong ke Kota Bitung dan Kamis 21 Februari 2019 Tim Resmob berhasil mengamankan Tersangka WM didepan pangkalan ojek perum Sopir di Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung.

Dari kicauan WM, terungkap bahwa pencuri sepeda motor honda vario warna hitam adalah Tersangka lelaki MKS dan dihari yang sama jambberbeda (pukul 12.15 wita) Tim Resmob mengamankan/menangkap lelaki MKS yang kebetulan datang ke tempat kost MW bermaksud mengambil uang dari hasil penjualan sepeda motor Honda Vario warna hitam DB 5844 C.

Tersangka MKS mengaku bahwa sebelumnya ia telah mengambil kunci Vario itu dibagasi/kantong beberapa bulan silam, dan nanti Rabu 13 Februari 2019 malam, dibanti Tersangka WM dia mencuri Vario yang terparkir di depan konter mekanik HP diKel Girian Kota Bitung.

Sebelumnya, Tersangka WM curhat kepada Tersangka MKS bahwa dirinnya butuh uang Rp 5.000.000 untuk bayar hutang. Kemudian tersangka MKS mengatakan bahwa dIa memegang kunci Honda Vario DB 5844 C. Kalau tersangka WM mau ia akan mencuri Vaeio itu dan keduanya pergi menuju Konter Mekanik HP di Girian dan pas di depan Bank Sulut Unit Girian, Tersangka WM menurunkan Tersangka MKS, menunggu dalam mobil sambil memonitor situasi disekitar TKP.

Honda Vario warna hitam DB 5844 C dilarikan Tersangka MKS kearah Sagerat, rurun ke batas Kelurahan Tanjung Merah – Desa Pimpin, lewat ponsel WM lalu menjemput Vario hasil curian dan dijual ke Adi Kussoy di Doloduo.

Uang dari hasil penjualan SPM honda vario warna hitam DB 5844 C dipakai oleh Tersangka WM untuk membayar hutang dan Tersangka MKS tidak mendapat bagian apa-apa

Tersangka MKS terpaksa dilumpuhkan dengan tindakan tegas dan terukur karna disaat dilakukan penangkapan, mencoba melakukan perlawanan sehingga Tim Resmob melakukan penembakan dikaki kanan tersangka.

Kedua tersangka pada saat ini sudah dibawa dan diamankan Ke Mapolres Bitung dan sudah diserahkan ke penyidik Unit III Sat Reskrim untuk proses sidik lanjut.(Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*