Fabian Kaloh Nilai, Idiom Bupati Minut Tentang Guru ASN di Swasta Akan Dipindahkan Ke Negeri, Terlalu Prematur

Spread the love
  • 112
    Shares

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Dinas Pendidikan Minut, antara lain apa dasar Hukumnya. Kalu ada dasar hukum pasti akan berlaku Nasional”

MINUT, IdentitasPrime – Wacana akan ditariknya ASN Guru dari sekolah swasta ke sekolah negeri yang dilontarkan langsung oleh Bupati Minut dalam rakor Kepsek se-Minut Kamis (17/01), dinilai sangat tidak tepat.

Menurut Fabian Kaloh, Anggota Organ Pengawas YPK-KM, wacana dan putusan itu masih terlalu prematur dan kurang relevan.
“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Dinas Pendidikan Minut, antara lain apa dasar Hukumnya. Kalu ada dasar hukum pasti akan berlaku Nasional,” ujarnya Kamis (18/01) via Whats-App.
Kebijakan menarik ASN Guru, dinilai Kaloh, justeru menyulitkan sekolah swasta dalam proses belajar-mengajar.
“Jika sebagian besar murid sekolah swasta juga ikut pindah ke sekolah negeri, apa cukup ruangan untuk menampung mereka,” timpal mantan Asisten I Pemkot Bitung itu.
Harusnya, lanjut Fabian Kaloh, pemerintah memberi apresiasi kepada pihak swasta yg telah membangun sekolah.
“Jangan lupa, sebelum ada sekolah pemerintah, swasta sudah berusaha membangun sekolah di desa-desa, giliran sekolah swasta mulai maju koq gurunya mau ditarik,” sembur birokrat senior berdarah Kauditan itu.

Lebih jauh Fabian Kaloh mengharapkan, kalaupun itu harus dilakukan, Pemkab Minut wajib memberi ruang dan waktu sekolah swasta menyiapkan guru pengganti.
“Memurut saya kebijakan Dinas Pendidikan, akan sangat tidak produktif.Dan saya yakin akan terjadi gejolak sosial dan akan sangat berdampak bagi kepemimpinan Kadis Pendidikan dan kepemiminan bupati tentunya. Dampaknya akan ada, dan saya sarankan, cobalah masalah ini di evaluasi lebih mendalam, agar tidak ada pihak yang nanti dirugikan,” tandas Kaloh. (Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*