Jumpa PERS Perdana BPJN XV Hari Ini, Miris Dan Tak Ada Solusi, Fungsi Humas Tak Jalan

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Manado menggelar Jumpa PERS Perdana pada Jumat (8/9-2017), sejak jabatan Kabalai BPJN XV dipegang Ir. Riel Jimmy Mantik M.Eng.
Jumpa PERS diawali dengan perkenalan antara KABALAI BPJN XV, para Kepala Satuan Kerja (KASATKER) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tahun 2017.
“Kedepan nanti, biarlah kita menjadi mitra yang lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya. Jika ada kekurangan dari kami, harap dimaklumi, mengingat BPJN XV ini baru disahkan pada Bulan Maret 2017 silam, sesudah BPJN XI SULUT-GO diantara berbagai kesibukan pemerintah,” tutur Mantik.

Terkait kinerja BPJN XV yang dikritik wartawan FORJUBIR yang mana instansi vertikal ini sangat tertutup dalam hal keterbukaan publik (Pemberitaan), Mantik berjanji akan lebih berbenah untuk hal pemberitaan.
“Iya, kami sudah mencatat hal itu agar jadi atensi prioritas kami dalam mengemban Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik,” timpal dia.
Perlu diketahui, sejak masih bernama BPJN XI SULUT-GO yang pindah ke Desa Suwaan Minut sekitar tahun 2014 silam, sampai hari ini, masyarakat Provinsi Sulawesi Utara masih kurang paham apa perbedaan dari Dinas PU Kabupaten/kota, Dinas PU Provinsi, dan BPJN XI/XV.
“BPJN harus jelas mensosialisasikan diri sebagai salah satu lembaga vertikal setara Polda dan Kejati Sulut, serta Balai Sungai. Kami saja wartawan bingung dan banyak tidak tahu lingkup pekerjaan BPJN sejauh mana, wilayah kerja SATKER Wilayah I, II, dan III. Ini kan lucu namanya kalau Polda, Kejati dan Balai Sungai bagian Himas-nya berfungsi, sementara BPJN XV dengan bangunan begitu mewah namun semua serba tertutup termasuk informasinya,” sembur Fecky Mamahit Wartawan nortsulawesi.com.
Sangat disesalkan, jumpa Pers kali ini berjalan sama seperti jumpa PERS tahun-tahun sebelumnya.
Pasalnya wartawan yang hadir hanya wartawan nasional dan beberapa wartawan lokal saja, sementara wartawan Biro Minahasa Utara, tidak ada pemberitahuan baik secara resmi maupun formalitas.
“Tidak ada undangan atau pemberitahuan apa-apa. Kami saja hanya di telpon seorang rekan wartawan nasional,” aku wartawan media ini.
Memang ironi kalau BPJN XV mengundang wartawan nasional, sementara wartawan FORJUBIR Minut yang saat ini sangat butuh pemberitaan tentang mega proyek seperti Jalan Nasional Wori-Likupang, Likupang-Bitung dan Kema-Rumbia, malah tidak ada undangan dalam jumpa PERS.
“Saat ini masyarakat luas dan pemerintah Kabupaten, Pemprov bahkan pusat butuh informasi sudah sejauh mana realisasi mega proyek Jalan Tol Manado-Minut-Bitung. Kenapa wartawan biro terkait justeru tak dipandang sebelah mata,” sembur salah satu Wartawan FORJUBIR.
Akibat tidak di undang, sejak jumpa PERS dimulai, sampai selesai, wartawan Biro Minut masih ada yabg berdatangan.
Menurut pengakuan Kabalai BPJN XV, pihaknya sudah melayangkan undangan secara resmi. Namun hal itu ditampik Forjubir.
“Mana undangan atau pemberitahuannya, kepada siapa disampaikan undangan itu. Kami setiap hari meliput di Humas Pemkab Minut, dan sampai detik ini kami tidak ada info apa-apa tentang Jumpa PERS ini,” kilah Wartawan Forjubir.
Jumpa PERS berlangsung tergesa-gesa, hanya beberapa wartawan media nasional bertanya sesuai keperluan masing-masing, Kabalai BPJN XV menjelaskan beberapa pertanyaan, dua jam kemudian Jumpa PERS bubar.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*