Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian Tegaskan, Polisi Dilarang Foto Dengan Simbol Capres

Spread the love
  • 37
    Shares

JAKARTA, IdentitasPrime – Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian kembali mempertegas tupoksi jajarannya, yang mana POLRI harus steril tanpa keberpihakan menghadapi Pilpres nanti.
Kepada sejumlah media, Jendral Tito mengimbau seluruh anggotanya agar tetap menjaga netralitas jelang Pemilu 2019 ini, Senin ( 25/3/2019).

Peringatan untuk Polisi netral pada pemilu 2019 disampaikan melalui surat telegram bernomor K/DEN-04/III/2019/DIVPROPAM tertanggal 20 Maret 2019 dan ditujukan kepada seluruh Kepala Kepolisian Daerah di Indonesia.
Dalam surat telegram, tercatat sejumlah larangan, yakni dilarang menggunakan atau memasang atau menyuruh orang lain untuk memasang atribut pemilu. Anggota Polri pun dilarang untuk foto dengan ciri khas dukungan paslon (pasangan calon).

“Dilarang foto atau swafoto di medsos dengan gaya mengacungkan jari telunjuk, jari jempol, maupun jari membentuk huruf V yang berpotensi digunakan oleh pihak tertentu untuk menuding keberpihakan atau ketidak-netralan Polri,” tukas Kapolri secara tertulis.

Kepercayaan masyarakat terhsdap POLRI, lanjut dikatakan Tito, harus tetap diprioritaskan. “Hindari tindakan yang kontra produktif dan tetap menjaga kepercayaan masyarakat kepada Polri. Sebab, pelanggaran sekecil apapun dapat berdampak pada penurunan citra Polri,” warning perwira tertinggi Mabes Polri itu.

Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan Polri diminta untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran baik disiplin maupun kode etik yang terjadi. Khususnya berkaitan dengan pengamanan menjelang, saat, dan setelah Pemilu 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo menegaskan bahwa institusinya berkomitmen menjaga netralitas dalam kontestasi pemilu. “Bersama sel komponen mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan sejuk,” sebutnya.(Maxci Bangun)

Dikutip dari Celebestopnews.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*