KETUA PEMUDA TANI RI LANTIK CYNTHIA IMELDA ERKLES, MENJADI KETUA PEMUDA TANI SULUT

Spread the love
  • 13
    Shares

MINUT, IdentitasPrime – Bertempat di Balai Desa Warukapas Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia, Fary Djemy Francis secara resmo melantik Pengurus Pemuda Tani Provinsi Sulawesi Utara Periode 2018-2023, pada Rabu (2/5/2018).

“Kita menemukan ketua pemuda tani yang tepat. Ketua harus punya kegiatan pertanian, dan punya semangat anak muda di sekitarnya untuk gemar bertani. Cynthia adalah orang yang tepat!,” katanya.

Ketua Komisi V DPR RI sekaligus Ketua Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, Pemuda Tani Sulawesi Utara dituntut komitmennya untuk berkonstribusi secara aktif dalam berbagai permasalahan yang ada di pertanian.

“Untuk itu saya berharap, Pemuda Tani Sulawesi Utara segera melakukan konsolidasi dan menyusun program kerja yang baik dan aplikatif, dapat memotivasi pemuda untuk mencintai pertanian, harus mampu membangun kemitraan dengan para stakeholder, melakukan advokasi dalam memperjuangkan hak-hak petani, dan harus memiliki pusat-pusat pelatihan tani sehingga bisa terus belajar dan berinovasi,” ajaknya.

Bicara masalah pertanian lanjut Fary, bukan masalah baru yang datang begitu saja. Masalah pertanian adalah masalah klasik, masalah lama sehingga yang terpenting bagi kita adalah kepedulian kita.
“Perlu ada perhatian penuh dan keadilan dalam mengembangkan potensi pertanian di negara kita. Saya pesankan, jangan menyusun program terlalu banyak lalu realisasinya tidak ada, tetapi mari kita sama-sama bergerak mewujudkan kedaulatan pangan,” urai Fary Djemy Francis.

Ketua Pemuda Tani Sulut terpilih, Cynthia Imelda Erkles SAB mengatakan, menjadi tugas penting di kepemimpinannya meningkatkan minat pemuda untuk bertani serta menjadikan petani sebagai sebuah profesi yang menjanjikan.

Srikandi asal Tatelu yang juga salah satu politisi wanita dari Partai Gerindra inipin menyampaikan sejumlah permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pertanian.
“Kita sebut saja, lahan terbatas, minimnya pelatihan pertanian dan pendampingan, jaringan pasar sampai pinjaman permodalan. Tapi saya optimis, dengan bantuan sarana prasarana serta berbagai pelatihan pertanian maka kualitas tani kita makin maju,” ujar Chintya.

Usai pelantikan digelar rembuk tani bersama Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia, Fary Djemi Francis, Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam (PSDA) dan Teknologi Tepat Guna (TTG), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI Dr Suprapedi MEng, Staf Ahli Mentri Desa Bidang Pengembangan Wilayah Condrat Hendarto PhD, perwakilan Pusat Penyuluhan Pertanian Kementerian Pertanian Wellyana Sitanggang, serta dipandu Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulut Melky Suawa.

Turut hadir pula Bendahara Umum Pemuda Tani Indonesia yang juga anggota Komisi V DPR RI Ade Rezki, serta jajaran pengurus Pemuda Tani Indonesia, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dr Cakrawira Gundo, Hukum Tua Desa Warukapas Julian Kamagi, serta sejumlah fasilitator pendamping desa.

Hukum Tua Desa Warukapas Julian Kamagi didampingi pengurus BUM-Des, menerima secara simbolis bantuan BUMDes dari Kemendes PDTT, yang diserahkan Ketua Umum Pemuda Tani Indonesia Fary Francis.

Pada kesempatan itu, Kemendes PDTT memberi bantuan uang tunai senilai Rp50 juta untuk bantuan permodalan kegiatan pemuda tani kerjasama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta bantuan bioflok yaitu alat bantu untuk budidaya ikan air tawar di areal lahan yang sempit senilai Rp200 juta.


INILAH STRUKTUR LENGKAP PENGURUS PEMUDA TANI SULAWESI UTARA
PERIODE 2018-2023

Ketua Pembina : Melki M. Suawa, SP

Ketua : Cynthia Erkles, SAB

Wakil : Michael Manoppo, SP
Sekretaris : Christian Tuchunan, SP
Wakil Sekretaris : Nofki Rumagit
Bendahara : Herol Kawaoan
Wakil Bendhara : Chrisje Ogotan

Ketua Bidang OKK : Mario Rumagit
Sekretaris Bidang : Michael Ruata, SE
Ketua Bidang Pelatihan dan Pendidikan : Doni Elians, SP
Sekretaris Bidang : Fitsen Mamahit
Ketua Bidang Advokasi : Guntut Kumaunang, SH
Sekretaris Bidang : Albano Tumembow
Ketua Bidang Infokom dan Humas : Alvien Ruata, SE
Sekretaris Bidang : Rolando Lombok, SE.(7O)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*