Kodim 1310 Bitung Dan PKB Minut Gelar Nobar Film G30S PKI

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Untuk mengenang sekaligus memberikan pembelajaran kepada generasi muda tentang sejarah kelam peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September (G30S/PKI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Minahasa Utara bersama Kodim 1310 Bitung, akan menggelar Nonton Bareng (Noreng) film G30S PKI di desa Likupang 2 Kecamatan Likupang Timur, Sabtu (30/9).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Minut, Sarhan Antili menuturkan, tujuan dilaksanakannya Noreng tersebut untuk mengenang peristiwa kelam pemberontakan G30S PKI tahun 1965, sebab film yang pernah menjadi tontonan wajib pada setiap tanggal 30 September tersebut dihentikan penayangannya semenjak tahun 1998 bahkan telah dihilangkan dari kirikulum sekolah.

“Semenjak pemutaran film dan kurikulumnya dihentikan, sejarah tentang PKI terputus dan banyak generasi muda yang tidak mengenal sejarah bangsanya sendiri. Oleh karenanya dengan adanya pemutaran film yang diinisiasi oleh jajaran TNI ini merupakan momentum yang sangat baik mengenalkan sejarah kelam bangsa yang pernah terjadi agar menjadi pembelajaran bagi seluruh anak bangsa.”kata Antili.

Soal adanya kontrofersi sejarah dalam adegan film G30S PKI, Antili menyebutkan hal itu tidak penting untuk dipersoalkan, karena inti dari pemutaran film ini bukan untuk mencari benar salah dalam pergolakan tersebut, tetapi ingin memberikan pemahaman dan pendidikan kepada masyarat tentang bahaya laten faham komunis sehingga peristiwa buruk masa lampau tidak terjadi dimasa sekarang dan masa akan datang.

“Boleh tidaknya film ini diputar, menurut saya tidak perlu dipolemikan, yang mau menonton silahkan dan yang tidak mau juga ya jangan menonton. Saat ini yang terpenting bagaimana menjaga NKRI dan menjunjung tinggi pancasila sebagai falsafah bangsa. Bukan saling menuding hanya karena film G30S PKI”lugasnya.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*