Kodim 1310 Dan Polres Bitung Gelar Coffee Morning Akbar, Bersama Pemkot, Dekot, Dan Tokoh Agama Bitung

Spread the love

BERSAMA MASYARAKAT, PELIHARA HANKAM NKRI LEWAT TALI KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA 

BITUNG, IdentitasPrime – Di debut pertamanya menjabat Dandim 1310 Kodim 1310 Letkol Inf Kusnandar Hidayat, sepakat dengan Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, menggelar sosialisasi sosial TNI/Polri dengan pemerintah Kota Bitung dan Komponen Masyarakat bertajuk demi perkuat Hankam RI lewat tali kerukunan antar umat beragama pada Senin (12/3/18).
Upacara dipimpin Dan Unit Intel Kodim 1310/Bitung-Minut, Letda Inf Julen T. Kasihaeng dan Perwira Upacara Pasi Log Kodim 1310/Bitung Kapten Inf Berty Sombah.

Coffee morning pertama kalinya secara bersamaan antara Polres dan Kodim 1310 Bitung ini melibatkan Wakil Walikota Maurits Mantiri, dan Satroltas Kolonel Laut (P) Djoko P, Sekda Bitung Audy Pangemanan, Kasie Intel Kejari Bitung Mustari Ali, Assisten I Setdakot Oktavianus Tumundo, tokoh pemuda, Ormas dan tokoh agama ini dihelat di
Makodim 1310/Bitung.

Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat pada sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menjadikan TNI/Polri dan masyarakat bersinergi dalam mengawal pertahanan keamanan (Hankam) di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita semua saling membutuhkan satu sama lain terutama untuk keamanan di kota Bitung,” ujarnya.

Kusnandar juga menekankan bahwa saat ini perlu diwaspadai adalah isu-isu keamanan yang dihembuskan melalui media sosial.

“Jangan sampai diadu domba oleh orang orang yang ingin mengambil keuntungan dalam hal-hal seperti itu.
Kejadian yang pernah terjadi di tempat lain seperti penikaman tokoh agama oleh orang gila jangan sampai terjadi. Apapun yang terjadi kalau Bitung ini aman kita juga bisa nyaman,” tegasnya.

Mengingat ia masih baru, Hidayat mengaku ingin lebih mengenal dari dekat segenap perwakilan komponen masyarakat. “Mari kita dukung program pemerintah dan program TNI/Polri agar kota Bitung menjadi kota yang lebih maju,” pinta Dandim 1310 itu.

Sekda Bitung Audy Pangemanan memaparkan, Kota Bitung adalah kota kecil yang hanya memiliki wilayah seluas 313 kilometer persegi.

“Namun kita memiliki semua potensi, olehnya karena daya tarik yang besar ini, kita sempat mencatat angka pertumbuhan penduduk sebesar 3 persen atau tertinggi karena serbuan pekerja dari luar Bitung dan itu hal positif dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Hanya saja, timpal dia, warga pendatang menetap tanpa skill dan modal memadai sehingga timbul pemukiman kumuh dan pengangguran dan melahirkan angka kejahatan dan gangguan keamanan.
“Makanya, mari kita bergandengan tangan mewujudkan kemajuan kota Bitung,” harapnya.

Hal serupa, mencuat dari Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, kalau dirinya prihatin dengan kondisi banyak anak-anak sekolah yang mabuk lem adiktif serta menjamurnya tontonan film porno.

“Olehnya kita berharap ada peran dari Pemkot terutama peredaran lem adiktif ini agar dibatasi hanya dijual di toko bangunan saja,” timpal dia.

Sementara, Ketua DPR Laurensius Supit berharap agar Pemkot dan TNI/Polri mendukung pengaktifan kembali Siskamling di masing-masing lingkungan agar situasi dan kondisi keamanan kota Bitung bisa terjamin.

Pada puncak acara coffee morning akbar itu, ditutup oleh doa bersama Ketua Wilayah Bitung IX Pdt. Reymond Manopo, M.Th dan Ketua MUI Kota Bitung Abdul Rahman Kaluk.(Red/Marleyna)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*