Komitmen Bangun Desa, Wangke Prioritaskan Realisasi Dandes Sawangan 2017 Ke Infrastruktur

Spread the love

MINUT, IdentitasPrime – Kumtua Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi , Minahasa Utara, Stendry Wangke SH mengklaim, realisasi dari penyaluran Dana Desa (Dandes) 2017 di Desa Sawangan akan lebih di prioritaskan pada pembangunan sarana infrastruktur desa berupa pembangunan drainase, sarana olahraga dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Memang sarana infrastuktur ini sangat diharapkan masyarakat desa dan itu yang kami anggarkan dalam Dandes,” ujar Wangke, Senin (18/17).

Lanjut dia, di tahun 2017 ini, Desa Sawangan menerima Dandes sebanyak Rp770.646.226 dengan tahap pertama pencairan 60 persen sebanyak kurang lebih Rp400 jutaan.
“Sementara untuk Alokasi Dana Desa (ADD) sebanyak Rp485.951.000 dan bagi hasil pajak Rp30.543.875,” urainya.

Jumlah anggaran tersebut, timpal Wangke, akan dibagi dalam beberapa kebutuhan masyarakat seperti prioritas Kementerian Desa Rp50 juta, penyertaan modal desa untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rp100 juta serta anggaran untuk penyediaan 5 lampu jalan solar cell sebesar Rp100 juta. “Semuanya akan dikerjakan sesuai peruntukkannya,” tegasnya.

Ditanya soal apakah Desa Sawangan sudah memasukkan laporan pertanggungjawaban anggaran Dandes tahap pertama, Wangke menjelaskan jika hal tersebut siap dimasukkan pada tanggal 19 September 2017 di Dinas Sosial dan Pemdes Minut.

“Itu pasti akan kami bawah secepatnya agar penyaluran Dandes tahap kedua secepatnya tersalurkan,” pungkas pentolan PDI-P Kecamatan Airmadidi itu (Stendry Wangke red-).(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*