LAHAN TWA BATU ANGUS TERBAKAR, PERSONEL KODIM 1310/BITUNG TURUN LOKASI

Spread the love

BITUNG, IdentitasPrime – Terjadi di Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga Kota Bitung, tepatnya di Batu Angus yaitu lokasi TWA (Taman Wisata Alam), Personel Koramil 1310-01/Bitung bantu padamkan kebakaran hutan, (5/9/2018).

Penyebab kebakaran TWA Batu Angus diperkirakan karena adanya angin yang kencang membuat gesekan ke alang-alang sehingga menimbulkan api yang berakibatkan terjadinya kebakaran. Upaya pemadaman yang dilakukan Babinsa Koramil 1310-01/Bitung dibantu BNPB kota Bitung serta masyarakat Kelurahan Kaswari, akhirnya api berhasil dipadamkan.

Menurut Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, kondisi medan yang terjal dan berbatu menyulitkan pihaknya menuju lokasi kejadian. Tak hanya itu, sulitnya medan membuat alat pemadam tak bisa dibawa. Sehingga tim petugas gabungan dari TNI AD dan beberapa unsur seperti BPBD dan Manggala Akni hanya menggunakan alat seadanya untuk memadamkan kobaran api.
“Kita lakukan pemadaman dengan daun dan kayu yang masih basah. Sementara dari BNPB hanya mampu membawa alat pemadam darurat untuk melokalisir kobaran api,” pungkas Dandim.

Total sekitar 400 hektar lahan yang berupa pohon dan alang-alang yang terbakar. Pantauan sementara, hingga kini tak terlihat titik api dari lokasi pemantauan. Tim yang mendatangi lokasi kebakaran masih berjaga-jaga dan menyapu lokasi jangan sampai masih ada titik api yang tersisa.(Noval/Jacky)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*