PAN Minahasa BMS, BODA Beberkan Kejahatan Politik Yang Dilakukan Oping.

Spread the love

Identitasprime.com – Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa beberapa hari lalu atau tepatnya Rabu, 7/2/2018 telah menyerahkan hasil perbaikan Verifikasi kepada Partai-Partai Politik yang bertempat di Hotel Mercure Tateli, Kecamatan Mandolang Minahasa.

Dari hasil yang diserahkan langsung oleh Komisioner KPU Minahasa selaku tim verifikasi, ada 2 Partai yakni Partai Berkaya dan PAN Masih Belum Memenuhi Syarat Verifikasi Faktual.

Untuk PAN, dalam proses verifikasi tersebut semua syarat Verifikasi sudah terpenuhi akan tetapi adanya kejahatan politik yang dilakukan oleh Sekretaris DPD PAN Minahasa dalam hal ini Oktavian Oping yang dengan sengaja tidak hadir dalam proses itu sehingga membuat PAN Masih berlabel status BMS (Belum Memenuhi Syarat)

Sebagaimana yang dikatakan Meidy Tinangon Selaku Ketua Komisioner KPU Minahasa bahwa untuk partai Beringin Karya (Berkarya) sudah tidak memasukan perbaikan syarat keanggotaan dan dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS). Sedangkan untuk PAN, Sekretaris belum memenuhi syarat karena tidak hadir dalam verifikasi. Hal ini akan di teruskan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, nanti pusatlah yang akan menentukan Parpol yang layak menjadi peserta Pemilu.

“Keputusan ada di tangan KPU RI, karena pendaftaran sifatnya terpusat, penetapan juga sifatnya terpusat. KPU Minahasa hanya perpanjangan tangan melakukan tugas verifikasi Parpol tingkat kabupaten. Padahal Parpol PAN ini, kami menunggu sampai batas akhir yakni jam 12 malam untuk melengkapi apa yang menjadi syarat, dengan berat hati kami nyatakan Parpol ini api belum memenuhi syarat,”ungkap Tinangon. Sembari berharap agar semua parpol bisa lolos dalam verifikasi pemilu.

Sementara itu, Boby Daud Selaku Ketua DPD PAN Kota Manado yang turut mendampingi proses Verifikasi DPD PAN Minahasa yang dilakukan oleh KPU Minahasa mengungkapkan rasa kekecewaan terhadap Sekretaris DPD PAN Minahasa.

Menurut Boda sapaan akrab Boby Daud mengatakan bahwa apa yang dilakukan Sekretaris DPD PAN Minahasa ini bukan hanya mencedrai partai, namun juga dia dengan sengaja “mengkebiri” hak Politik masyarakat Minahasa yang cinta pada PAN

“Minahasa itu terdiri dari 25 Kecamatan dan diantara 25 Kecamatan pasti ada Masyarakat Minahasa yang Militan serta Simpatisan PAN, ini artinya yang dilakukan Saudaraku Oktavian Oping dalam proses Verifikasi Faktual bukan hanya mencedrai Partai sendiri tetapi juga Mengkebiri Hak Politik Masyarakat Minahasa yang cinta terhadap PAN” Ungkap Boda.

Boda yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kota Manado ini membeberkan Kejahatan Politik yang dilakukan oleh Sekretaris DPD PAN Minahasa saat Proses Verifikasi Faktual yang dilakukan oleh KPU Minahasa selaku tim verifikasi.

Adapun Kejahatan Politik Tersebut Yakni :

1. Pada Tanggal 4 Februari 2018, Saudara Oktavian Oping Selaku Sekretaris DPD PAN Minahasa, Menerima Berkas Perbaikan Verfak Dari Tim Pendamping Verfak DPD PAN Minahasa yang diserahkan Langsung Oleh Bapak Ayub Albugis Selaku Sekretaris DPW PAN Sulut Untuk Diserahkan Ke KPUD Minahasa.

2. Masih Di Tanggal 4 Februari 2018, Salah Satu Wasekjen DPP PAN, Menginformasikan Kepada Tim Pendamping Verfak DPD PAN Minahasa, Bahwa ada Oknum2 DPW PAN Sulut Meminta Kepada Pihak KPPN, Untuk Segera Mengganti Struktur yang tertera dalam Sipol.,

3. Sekretaris DPD PAN Minahasa Dalam Hal Ini Saudara Oktavian Oping, Pada Tanggal 5 Februari 2018 atau tepatnya sehari sebelum Proses Verfak, Telah mendatangi KPUD Minahasa. akan Tetapi, saudara Sekretaris DPD PAN Minahasa, TIDAK MENYERAHKAN Berkas Verfak Ke KPUD Minahasa.

4. Tanggal 6 Februari 2018 atau Tepatnya hari pelaksanaan Proses Verfak DPD PAN Minahasa, Saudara Oktavian Oping Secara Mengejutkan Lewat Pesan Singkat Whatsapp Menyatakan Mundur Dari Jabatan Sekretaris DPD PAN Minahasa. (TANPA MENYERTAKAN SURAT RESMI PENGUNDURAN DIRI YANG BERTANDA TANGAN DIATAS MATERAI)

5. Untuk Mengantisipasi BMS-nya Saudara Sekretaris Dalam Proses Verfak DPD PAN Minahasa, Tim Pendamping Verfak DPD PAN Minahasa Melakukan Upaya Membangun Komunikasi Baik Lewat Via Telphone Maupun Whatsapp, Sampai Pukul 24.00 Wita. Akan Tetapi Upaya tersebut tidak Membuahkan Hasil

6. Pada Tanggal 6 Februari 2018 Pukul 17.59 Wita, Saudara Polo Mengirim Pesan Singkat Di Grup DPW PAN SULUT NOW, Whatsapp yang berbunyi
” Kepada Yth Saudaraku. Dengan ini saya melaporkan bahwa prosea Verifikasi Faktual di wil DPW PAN Sulawasi Utara telah berjalan lancar. Dari 15 Kab/Kota sudah terkonfirmasi 14 DPD Memenuhi Syarat (MS) 1 DPD yakni Kab Minahasa masih Belum Memenuhi Syarat, dikarenakan Ketua DPD tidak berada ditempat namun sudah di ambil tindakan penggantian serta di sampaikan ke KPUD dan KPPN serta Ketua DPD baru yang ditetapkan telah menyiapkan segala sesuatunya namun pada hari terakhir posisi SK di Sipol berubah kembali ke SK lama, sehingga usaha kami untuk menuntaskan verfak 100 persen sia-sia, Kiranya semua pihak dapat menerima dan memahami hasil ini. Terima Kasih.”

Dalam Salah Satu Bait tertulis bahwa 1 DPD yakni Kab Minahasa masih Belum Memenuhi Syarat, dikarenakan KETUA DPD TIDAK BERADA DITEMPAT, namun sudah di ambil tindakan penggantian serta di sampaikan ke KPUD dan KPPN serta Ketua DPD baru yang ditetapkan telah menyiapkan segala sesuatunya namun pada hari terakhir posisi SK di Sipol berubah kembali ke SK lama, sehingga usaha kami untuk menuntaskan verfak 100 persen sia-sia.

Memang, Kami selaku Tim Pendamping Verfak DPD PAN Minahasa, TIDAK MEMUNGKIRI apa yang disampaikan Saudara Polo Soal Ketidak hadiran Ketua DPD PAN Minahasa dalam Proses Verfak DPD PAN Minahasa. (Jhon)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*