Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito, Tutup TMMD 2017 Di Makalisung

Spread the love

Wabup Dan Dandim 1310 Dampingi Pangdam XIII Merdeka Dan Tetamu Tanam Pohon Pakoba

MINUT, IdentitasPrime – Panglima Kodam (Pangdam) XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito menutup kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 tahun anggaran 2017 Kamis, (26/10) di Desa Makalisung Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang dilaksanakan sejak 26 Sebtember 2017 silam.

Pada upacara penutupan yang dipimpinnya, Pangdam XIII Merdeka berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan warga masyarakat Desa Makalisung yang telah mendukung program TMMD ini sehingga boleh sukses dilaksanakan.

“Target yang diberikan kepada Satgas TMMD ini telah tercapai, namun yang terpenting dalam TMMD ini adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat yang luar biasa. TMMD dilaksanakan setahun 3 kali, dan ini telah selesai, namun bila Pemkab Minut masih membutuhkan TMMD dan memintanya, maka kami tentunya akan menyetujui. Sasaran berikutnya mungkin desa terpencil yang ada kepulauan untuk menyambung jalan antar desa, sesuai dengan usul Wabup Minut Ir joppi Lengkong,” kata Pangdam didampinggi Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak.

Dilain pihak, Bupati Minahasa Utara melalui Wabup Ir Joppi Lengkong menyatakan terima kasih atas dilaksanakannya TMMD di Desa Makalisung. Pasalnya menurut Lengkong, kehadiran TMMD ini sangat membantu masyarakat.

“Kalau sebelumnya warga mengeluarkan hasil pertanian cengkeh dan kopra harus pakai roda sapi atau pulangan (alat angkut yang ditarik sapi yang biasa digunakan warga Minahasa) kini mereka bisa mengeluarkan hasil pertanian dengan menggunakan kendaraan roda 2, roda 3 ataupun roda empat. Juga warga masyarakat Desa Makalisung bisa bergaul akrab dengan TNI karena mereka tinggal bersama-sama,” tukas Wakil Bupati Minut.

Upacara penutupan dilanjutkan dengan penanaman pohon Pakoba oleh Pangdam. Acara kemudian dilanjutkan di lokasi TMMD. Danrem Brigjen TNI Sabar Simanjutak bersama Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong didampingi Dan Satgas TMMD, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf. Deden Hendayana kemudian melakukan penandatanganan prasasti TMMD dan pengguntingan pita di titik nol Jalan Manunggal.

Setelah sebulan penuh melaksanakan TMMD, kurang lebih 150 personil yang didalamnya terdapat 15 anggota polisi dari Polres Minut meninggalkan barak dan rumah, kini mereka akan kembali. Terlihat wajah-wajah gembira dari prajurit karena telah menyelesaikan pekerjaan 1500 meter jalan perintisan dan pengerasan, pemasangan 3 buah platdecker serta pembuatan tugu TMMD.

Beberapa prajurit bahkan dijemput oleh istri dan anak mereka. Hadir dalam upacara penutupan TMMD ini, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak, para Dandim, Danlanudal, Danlanud, Kepala Bakamla, Kepala Basarnas, Kapolres Minut AKBP Alfaris Patiwael SIK MH, Sekda Minut Jemmy Kuhu MA, Camat Kema Alpret Pusunggula SSTP MAP dan para undangan lainnya.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*