Pasar Lama Kecamatan Tabukan Utara Kampung Petta Induk, Terlantar

Spread the love
  • 19
    Shares

Bangunan Tampak Begitu Menganggu Tata Kota Tabukan Utara

SANGIHE, IdentitasPrime – Duluhnya pasar petta dikabupaten di Kepulauan Sangihe Kecamatan Tabukan Utara Kampung Petta Induk, cukup terkenal
degan julukan PASAR PASASOMBANA
atau tempat pertemuan mulai dari penjual dari Nusa Tabukan maupun dari Tabukan Tengah.
Pasar tersebut dulunya dijadikan tempat barter antara warga masyarakat setempat dengan Bangsa Philipina, makanya tak jarang kita dengar ada sebutan SAPI (Sanger Philipin).

Namun sangat disayangkan telah terjadi penggusuran di-dua (2) lakosi, termasuk pasar ikan, padahal tempatnya sangat startegis karena berdekatan degan pantai.

Melihat kondisi seperti ini bangunan lama yang berdiri tegak ketika hendak melewati Tabukan Utara, Kampung Petta Induk, tampak begitu mengganggu Penataan Kota Tabukan Utara yang sebetulnya, jika dibandingkan, tidak kalah dengan komposisi bangunan di Kota Tahuna.

Pasalnya, sampai saat ini kondisi pembangunan nampak meningkat begitu signifikan.
Sebut saja Opo warga Tabukan Utara. “Saya berharap agar Pemda melalui dinas terkait, untuk dapat memberikan inovasi baru atau angin segar, supaya dapat membangun kembali bangunan pasar dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, sebab sudah lama berdiri tegak bangunan pasarnya,” imbaunya.
Sampai saat ini, sesuai pantauan media ini, bangunan pasar lama hanya dijadikan tempat pakir kendaran roda empat bagi oknum yang memiliki kendaran saja.
“Semoga Pemda lewat dinas berkompoten dapat mencari solusi untuk difungsikan kembali bangunan pasar lama walau mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama,” ucap Opo.(Yan Salasa-Dolongseda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*