Penderita DBD di Sulut Meningkat, Ketua Wulan DPB WPITTL SULUT Angkat Bicara

Spread the love
  • 72
    Shares

Voges Ajak Masyarakat Bertindak Jangan Tunggu Pemerintah

MANADO, IdentitasPrime – Dalam rentang waktu tidak sebulan, virus Demam Berdarah Dengue (DBD) telah mengalami peningkatan drastis sehingga meresahkan para orangtua di Provinsi Sulawesi Utara ini.

Bayangkan saja, untuk Kabupaten Minahasa Utara saja, tercatat sedikitnya ada 18 pasien yang positif terkena virus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti. Kamis (10/1/2019), melalui Whats-App pribadinya, Ivonne Amelia Voges, STh aktifis Masalah Perempuan dan Aosial Masyarakat pun angkat bicara.

Masalah penyakit Demam Berdarah Duange (DBD) yang semakin hari jumlah penderitanya bertambah, membuat banyak suara masyarakat meminta akan adanya perhatian khusus dari pemerintah untuk menyelesaikan masalah ini. “Pemerintah melalui instansi terkait, jangan hanya menunggu hasil laporan tanpa bertindak serius. Mewabahya virus DBD ini harus segera dibasmi agar tidak berlarut-larut dan menambah korban berjatuhan,” tuturnya.
Untuk masalah ini, Ivonne yang juga menjabat Ketua Wulan di Dewan Pengurus Besar LSM Waraney Puser In Tana Toar-Lumimuut Sulaweai Utara (DPB LSM WPITTL SULUT) melihat bahwa bukan hanya pemerintah yang harus turun tangan mengatasi masalah penyebaran penyakit Demam Berdarah ini
“Masyarakat juga tak bisa mempersalahkan pemerintah saja, tetapi yang terpenting adalah masyarakat sendiri juga harus berperan aktif menjaga serta memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggalnya,” ujar Voges.

Ivonne juga mengajak, dimusim penghujan ini masyarakat dapat memperhatikan setiap selokan yang ada disekitar tempat tinggal, agar tetap dalam keadaan bersih.
“Menutup tempat tempat penampungan air di dalam rumah dan juga selalu memperhatikan kebersihan tiap rumah tinggal, itu sudah merupakan bantuan meringankan kinerja pemerintah.

Pemerintah, lanjut Ivonne, dapat bersama-sama dengan masyarakat menjadwalkan kerja bakti di tiap lingkungan. “Pemerintah juga harus menjadwalkan penyuluhan ditiap-tiap lingkungan di Kota Manado, tentang masalah serta penanggulangan masalah Penyakit Demam Berdarah ini seperti Fogging sebagai alternatif atau usaha yang dapat di ambil oleh pemerintah, sebab bukan obat yang akan menyelesaikan masalah penyebaran penyakit Demam berdarah ini. Yang terpenting adalah kita harus hidup bersih yang dimulai dari kebersihan di sekitar lingkup hidup kita,” tandas Ivonne seraya menimpali, semoga kekhawatiran akan penyakit ini akan bisa cepat terselesaikan.
“Dan bagi penderita DBD positif, segera sembuh dan layanan RS juga bisa cekatan dalam mengobati agar tidak bertambah korban meninggal akibat penyakit ini”. (Red)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*