Penenggelaman Kapal Ilegal Fishing Oleh Gegana Brimob Di Pimpin Kapolda Sulut

Spread the love

 

Identitasprime – Bitung – Polda Sulut melalui Korps Polisi Perairan dan Udara (Polairud) bekerjasama dengan instansi penegak hukum lainnya seperti kejaksaan dan pengadilan, menenggelamkan 9 kapal ikan asing pelaku illegal fishing, Sabtu (01/04/2017) sekitar pukul 11.00 WITA, di perairan Desa Kema 2, Minahasa Utara.

Sembilan kapal yang ditenggelamkan, yakni KM Feshendo, FB/Ca. Lords, KM Matulende 01, FB/ Ca. Justine, M/BCA J-Boy, FB/Ca Snatop, KM Haji Ani 2, KM Rifka GT4 dan M/BCA Sharlene-06, merupakan barang bukti illegal fishing yang telah mendapat keputusan tetap dari Pengadilan Negeri Bitung. Kapal-kapal tersebut ditangkap saat melakukan pencurian ikan di wilayah hukum Polda Sulut.

IMG_6046

Penenggelaman dipimpin oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Drs. Bambang Waskito dengan menghitung mundur dari atas Kapal Polisi Punai-5009 milik Korps Polairud Baharkam Polri. Penenggelaman kapal dilakukan dengan cara diledakkan oleh Gegana Brimob Polda Sulut.

IMG_6057

Sebelumnya, Kapolda beserta rombongan yang terdiri dari Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si., Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Soeselo dan Direktur Korps Polairud Polda Sulut, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro bersama perwakilan Forkopimda Sulut dan Kota Bitung, berangkat dari dermaga Mako Polairud di Tandurusa.

Penenggelaman kapal juga dilakukan serentak di tiga Polda lainnya, yaitu Aceh, Sumatera Utara dan Bali, serta di delapan Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada di seluruh Indonesia. Jalannya penenggelaman kapal disaksikan langsung melalui live streaming oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, di Ambon.

IMG_6122

Kapolda berharap dengan penenggelaman kapal ini bisa membawa efek jera bagi para pelaku illegal fishing. “Penegakan hukum kita jadikan panglima di laut, itulah prosesnya, setiap barang bukti illegal fishingditenggelamkan,” pungkas Kapolda dalam sesi wawancara dengan sejumlah awak media. (Humas )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*