Per-erat Kebersamaan, Dandim 1310/Bitung Pimpin Makan Bersama di Daun Pisang

Spread the love

BITUNG, IdentitasPrime – Tradisi makan bersama sering dilakukan personel Militer dan PNS Kodim 1310-01/Bitung pada setiap bulannya, dengan mengundang Tokoh Masyarakat setempat, bertempat di Makodim 1310/Bitung, Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir Kota Bitung, Kamis (17/10/2019).

Daun pisang digelar kemudian nasi, sayur dan lauk di taruh di atasnya kemudian beramai-ramai bersila menyantap makanan yang tersaji. Bayangkan saja keseruan dan suasana yang berbeda bila kita menyantap makanan di atas daun pisang.

Kegiatan makan bersama beralas daun pisang ini dilangsungkan di Koridor Makodim 1310/Bitung. Acara ini dihadiri Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodim 1310/Bitung, dipimpin Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.

“Ya, salah satu tradisi itu adalah makan bersama dengan beralaskan daun pisang sebagai pengganti piring. Tradisi yang biasa dilakukan ini mengandung makna kebersamaan dan persaudaraan,” ungkap Dandim.

Makan beralaskan daun pisang ini memiliki nilai filosofi tersendiri yang menjadi semangat selama ini dalam kehidupan bermasyarakat, hidup bersama harus terus dijaga dan selalu melekat dalam jati diri Prajurit dan PNS Kodim 1310/Bitung.

“Ciri khasnya juga, makan dengan menggunakan tangan pula. Apapun cara dan medianya tujuannya tetap sama, mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan,” jelas Dandim Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos.

“Cara-cara seperti ini yang kami biasakan dalam setiap kegiatan. Dengan cara ini apapun kegiatan bisa terlaksana, pointnya adalah kebersamaan dan gotong royong,” tutupnya.
Posted 6 hours ago by Kodim 1310 Bitung.(Vian)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*