Peringati HLH Sedunia, Kodim 1310/Bitung-Minut Gelar Penanaman Pohon Bersih-Bersih Pantai

Spread the love
  • 13
    Shares

MINUT, IdentitasPrime – Bekerjasama dengan PT Meares Soputan Mining (MSM) dan Forum Konsultasi Kemitraan Multi (FKKM) dalam rangka peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan Tema “Beat Plastic Pollution”,Komando Distrik Militer (Kodim)1310/Bitung laksanakan kegiatan bersih pantai sekaligus penanaman pohon di Desa Kalinaun Jaga VI Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa utara (Minut),Selasa (5/6/2018).

Direction Operation PT. MSM Mr. Geofrrey Mountgomery dalam sambutannya mengatakan bahwa persoalan lingkungan merupakan salah satu perhatian serius dari manajemen PT MSM,dimana dalam ekspansi bisnis hal itu juga tidak diabaikan sebab menyangkut keselamatan masyarakat luas serta turut mendukung kelancaran usaha.

“Persoalan sampah plastik adalah problem kita sehari-hari yang juga menjadi problem umum yang butuh dicarikan solusinya secara bersama-sama.” kata Mr Geofrrey sambil menambahkan bahwa PT MSM sangat peduli dengan upaya penyelamatan lingkungan didaerah ini dan mengajak semua komponen masyarakat termasuk TNI.

Ketua FKKM sekaligus Hukum Tua Rinondoran Richard Tatuir menyambut positif kegiatan ini.Oleh karena itu,dirinya berharap agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut terus dan lebih besar lagi dengan melibatkan seluruh masyarakat Desa Lingkar Tambang.

“Pada prinsipnya kami berterima kasih dan mendukung penuh kegiatan ini,”ucap Tatuir.

Ditempat yang sama Komandan Kodim (Dandim) 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat S.Sos menyampaikan keterlibatan personil Kodim 1310/Bitung dalam kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan partisipasi nyata jajarannya dalam kaitan kesadaran dan penyelamatan lingkungan hidup.

“Masalah lingkungan hidup yakni kebersihan dan penghijauan merupakan hal perlu mendapat perhatian semua pihak,sebab hal itu erat kaitannya dengan keselamatan dan kelangsungan hidup manusia secara universal.”ujarnya.

Dandim Nandar (sapaan akrab) menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini antara lain sebagai upaya konkrit dan strategis dalam menjaga garis pantai dan biota laut.

“Dengan mendukung kegiatan ini secara tidak langsung berkaitan dengan upaya membangun komunikasi sosial dan pemberdayaan Teritorial Kodim 1310/Bitung.”tandasnya sambil mengapresiasi komitmen dan kepedulian dari manajemen PT.MSM atas pelaksanaan kegiatan ini.

Adapun penanaman pohon diantaranya sebanyak 50 bibit pohon ketapang dan sebanyak 100 pohon mangrove itu mengusung tema “Beat Plastic Pollution” ditandai dengan pelepasan anak penyu/tukik dan simbolisasi transpalasi karang oleh peserta acara.

Turut hadir Kapolsek Likupang AKP Steven J.R Simbar, Plh Danramil 1310-03/Bitung diwakili oleh Serma A.Andarias, Manager lingkungan hidup PT.MSM Eka Yudiman, Para Hukum Tua Lingkar Tambang.(7o/Noval)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*