Pohon Tumbang Di Suwaan, Ruas Jalan Manado – Bitung Macet 1.5 Jam

Spread the love

Mobnas DB 1002 F Tertimpa Pohon, Untung Tak Ada Korban Jiwa

MINUT, IdentitasPrime – Hujan deras dadakan mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Minahasa Utara Selasa (28/11) selama kurang lebih 2 jam mengakibatkan banjir dan genangan air di beberapa titik.
Lebih mengenaskan lagi, sebuah pohon di Desa Suwaan Kecamatan Kalawat tumbang melintang di tengah jalan.
Akibat peristiwa ini, Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut Formans Dandel mengungkapkan, sejak cuaca ekstrim melanda Minut beberapa hari belakangan belum ada laporan masuk terjadinya bencana di wilayah Minut.
Namun dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Minut terutama yang berada di titik-titik rawan bencana seperti tanah longsor dan banjir untuk tetap waspada. “Kami tentunya menghimbau kepada warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca yang sulit diduga belakangan ini. Jika hujan deras turun alam intensitas yang cukup lama sebaiknya langsung menempuh langkah antisipasi agar sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dapat dihindari,” tutur Dandel. Pohon berdiameter 50 centimeter yang tumbang di desa Suwaan ini menimpa sebuah mobil dinas milik Pemkab Minut bernomor polisi DB 1002 F atas nama mantan Sekretaris Dinas PU Leonardo Watuseke pada jam 14.30. Beruntung sopir dan seorang penumpangnya selamat tidak sampai tertimpa pohon, hanya saja bagian kiri depan mobil ringsek. Beberapa jaringan listrik ke rumah penduduk juga putus akibat dilanda pohon tumbang ini. Mala warga Desa Suwaan saksi mata yang sempat menyaksikan peristiwa ini menuturkan.
“Sebelum roboh, pohon ini sempat condong ke badan jalan, kemudian diserempet sebuah mobil kontainer tapi tidak roboh. Saat kedua kali mobil container yang lainnya menyerempet, pohon tersebut kemudian roboh, saat itu bertepatan, datang mobil dinas dari arah Manado yang berpapasan dengan mobil kontainer,” ujar Mala.
Mobnas ini kemudian tertimpa pohon. Peristiwa ini sempat membuat macet ruas jalan ini dari dua arah. Camat Kalawat Herman Mengko SSTP bersama dengan Hukum Tua Desa Suwaan Steve Pinontoan bersama 8 orang warga desa turun langsung membersihkan pohon yang tumbang dalam kondisi hujan deras dengan menggunakan mesin chain saw.
“Diduga akibat tanah tempat tumbuhnya pohon menjadi labil dan kurang kokoh akibat hujan ditambah pohon menjadi lebih berat karena hujan, berakibat menjadi miring dan di serempet mobil container. Syukur tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya mobil dinas bagian depannya ringsek tertimpa cabang pohon,” ujar Mengko.
Sedangkan Kumtua Desa Suwaan setelah menerima laporan warga langsung bertindak mengerahkan warga untuk membuka kembali akses jalan. Proses pembersihan berlangsung 1.5 jam, dan jalan bisa digunakan lagi pada jam 15.00.(Jo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*